Pelaku Penipuan Rekrutmen CPNS di Menkumham Kembali Masuk Bui

4

BP/IST
Baru saja bebas usai menjalani hukuman enam bulan penjara di Lapas Wanita Palembang atas kasus penipuan, Wulan Purnama Sari Am Kep SH (41) kembali harus merasakan dinginnya sel tahanan.

Palembang, BP

Baru saja bebas usai menjalani hukuman enam bulan penjara di Lapas Wanita Palembang atas kasus penipuan, Wulan Purnama Sari Am Kep SH (41) kembali harus merasakan dinginya sel tahanan.
Mantan PNS di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumsel ini kembali ditangkap anggota Unit Pidsus Satreskrim Polresta Palembang karena diduga terlibat aksi penipuan dengan modus bisa membantu korban menjadi CPNS, Selasa (20/8).
Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Yon Edi Winara melalui Kanit Pidsus Iptu Hari Dinar mengatakan dalam perkara tindak pidana penipuan tersebut sedikitnya ada lima laporan yang diduga melibatkan tersangka.
Saat itu para korban termakan janji manis Wulan yang mengaku dapat membantu korban menjadi CPNS tanpa melalui tes asalkan menyetoran imbalain sampai ratusan juta. Kemudian pelapor memeberikan SK dan surat tugas palsu kepada korban.
“Saat itu pelaku bekerja Kantor Kemenkum dan HAM. Sebelumnya pada 2018 lalu pelaku juga ditangkap atas kasus penipuan dengan modus yang sama. Sejauh ini kita sudah menangani tiga dari lima laporan yang ada,” kata Hari.
Mengenasi bantahan pelaku yang sebelumnya divonis satu tahun dan menjalani hukuman enam bulan dan menyebut bahwa ada orang lain yang menikmati hasil kejahatan tersebut dan ia telah mengembalikan sejumlah uang korban, Hari pun membantah.
Menurut Hari, proses tindak pidana penipuan tersebut dilakukan pelaku secara sendirian. “Setelah kita selidiki bahwa pelaku sudah menyetor uang itu bohong dan selama ini kita selidiki pelakunya tunggal,” katanya.#osk

Baca:  Dua Hari Dinikahi  , Larikan HP  Janda