Home / Headline / Musim Kemarau Penderita Diare meningkat

Musim Kemarau Penderita Diare meningkat

dr Tri Fitrianti

PALI, BP–kemarau tahun 2019 ini, penderita diare atau muntaber di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terus mengalami peningkatan. Hal itu terbukti dari kian banyaknya pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) PALI di Talang Ubi hingga Rabu (14/8/2019).

Menurut Direktur RSUD PALI dr Tri Fitrianti, memasuki bulan Agustus ini saja, tercatat pasien diare mencapai 45 orang, yang didominasi oleh balita dan anak-anak. Ruang rawat inap khusus anak-anak di RSUD PALI pun kini nampak hampir penuh.
“Penyebabnya karena sekarang kita sedang dilanda musim kemarau yang mengakibatkan kesulitan air bersih. Sehingga ada kemungkinan konsumsi air yang tidak higienis menyebabkan dampak penyakit tersebut,” tuturnya, Rabu (14/8/2019).
Untuk itu, dr Tri Fitrianti menyarankan kepada masyarakat agar lebih menjaga kebersihan terkait keperluan konsumsi minuman dan makanan dalam keluarga.
“Saat ini kita memang kesulitan mencari air bersih, namun harus diupayakan untuk kebutuhan konsumsi terutama untuk anak-anak agar hanya menggunakan air bersih saja,” tutupnya.
Sementara itu, Sumadi, salah satu orangtua dari pasien diare yang berasal dari Talang Subur Kecamatan Talang Ubi, menuturkan bahwa anaknya yang masih berusia balita sudah dirawat inap di RSUD PALI selama tiga hari ini.
“Anak kami ini menderita diare, kak. Namun, alhamdulillah, sudah mulai agak mendingan kak,” singkatnya.#hab
x

Jangan Lewatkan

Hari ini, DPRD Sumsel Mulai Bahas APBD Perubahan Tahun 2020

Palembang, BP Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) MF Ridho memastikan pembahasan APBD Perubahan (P) Tahun 2020 mulai ...