Wow 800 Orgil di OI Berusia Produktif.

12

BP/Ist
Kepala Bidang Pelayanan Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial dinsos OI Sri Minarni

Indralaya, BP

Sedikitnya sampai saat ini ada 800 orang dengan gangguan jiwa (Orgil) yang tersebar di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang tercatat dari data Dinas Sosial dan masih berusia produktif.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial dinsos OI Sri Minarni, Kamis (8/8).

“Data dari Dinas Kesehatan ada 800 orgil mulai dari kelas ringan sedang dan berat yang didominasi usia masih produktif. Itu jumlah yang cukup banyak,”katanya.

Baca:  DP4 Provinsi Sumsel Capai 5.885.836 Orang

Disebutkan Ninik panggilan karibnya, untuk penanganan orgil yang ada di OI saat ini masih ditangani oleh pihak puskesmas.

“Karena ada orang-orangnya yang sudah dilatih cara menangani orgil dari kementerian Kesehatan akan tetapi orgil dalam arti masih kelas ringan,”ujarnya.

Ia menambahkan berdasarkan fakta dilapangan saat ini masih ada orgil yang masih dipasung padahal sudah ada peraturan daerah (Perda) bahwa orgil tidak boleh dipasung.

Baca:  31 Orang Lulus Adminitrasi Calon Anggota Bawaslu Sumsel Tambahan

“masih ada orgil yang di pasung seperti dikurung dalam rumah itukan bagian dari dipasung juga,”ucapnya.

Menurutnya alasan pihak keluarga dalam pemasungan orgil ini banyak menjadi kendala terlebih tidak mempunyai BPJS/Jamkes akibat kurang mampu.

“Kami kesulitan untuk mengirimkan orgil ini ke rumah sakit Ernaldi Bahar agar mereka mendapatkan penangan lebih intensif, dikarenakan pihak keluarganya tidak mempunyai BPJS/jamkes akibat kurang mampu,”katanya. #Hen