Si Jago Merah’ Hanguskan 107 Rumah di Kertapati

44

BP/IST
Kebakaran hebat yang terjadi di Gang Santai, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati Palembang, menghanguskan ratusan rumah warga. Api dengan cepatnya melalap sedikitnya 107 rumah yang ada di pemukiman padat penduduk tersebut.

Palembang, BP

Kebakaran hebat yang terjadi di Gang Santai, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati Palembang, menghanguskan ratusan rumah warga. Api dengan cepatnya melalap sedikitnya 107 rumah yang ada di pemukiman padat penduduk tersebut.
Merasa panik, banyak warga yang langsung menyelamatkan diri dan beberapa barang berharga dari amukan ‘Si Jago Merah’. Dari data sementara yang dihimpun hingga sore ini, sedikitnya ada 131 KK atau 532 jiwa kehilangan tempat tinggal.
Kebakaran yang terjadi di Jalan Ki Kemas Rindo ini diketahui warga sekitar pukul 10.00, Rabu (10/7). Penyebabnya disiniyalir dari meledaknya kompor gas salah satu rumah warga. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 12.00 oleh tim Dinas Pemadam Kebakaran.
“Api pertama kali muncul dari rumahnya Pak Jon. Belum tahu penyebabnya apa,” kata Wahyu, warga setempat, saat ditemui di lokasi, Rabu (10/7).
Dari rumah itu, api menjalar ke rumah tua lainnya. Warga yang panik bahu-membahu untuk mengevakuasi barang mereka.

Baca:  Kesulitan Bikin E-KTP, KK, KIA? WhatsApp Aja!

Kondisi angin cukup kencang membuat petugas kesulitan memadamkan kebakaran.

“Dekat memang jarak Sungai Musi, tapi ini kan padat penduduk dan gang kecil sempit semua. Susah masuk di daerah ini, makanya petugas kesulitan,” kata Wahyu.
Selain petugas, warga sekitar ikut membantu memadamkan api di lokasi. Salah satunya dengan menyiramkan air sungai ke rumah yang belum terbakar.

Baca:  Kebakaran Tengah Malam, 7 Rumah dan Mushala Hangus

“Kalau yang terbakar sekitar 8 rumah. Tapi banyak yang tinggal, data dari ketua RT tadi sekitar 50 an. Masih terus didata sama RT,” katanya.
Seorang petugas pemadam, Gunawan menyebut petugas harus menarik 300 meter selang untuk memadamkan api.

“Akses ke lokasi sulit, ini selang sudah sekitar 300 meter kami tarik. Ada lima pos pemadam dan 7 mobil yang turun. Sekitar 2 jam lebih baru apinya padam,” kata Gunawan.
Belum diketahui penyebab kebakaran. Petugas saat ini sedang melakukan pendinginan.
“Belum tahu penyebabnya, kata warga karena ada gas meledak,” katanya.#osk