Berkas Tahap II Tersangka 5 Komisioner KPU Palembang Dilimpahkan ke Pengadilan

6

BP/IST
Ketua KPU Palembang Eftiyani

Palembang, BP

Berkas kelengkapan P21 berkas dugaan pidana Ketua KPU Palembang, Eftiyani dan empat komisioner lainnya yang dilimpahkan Sat Reskrim Polresta Palembang pada Rabu (26/6) ke Kejaksaan Negeri sudah ditetapkan P21.
Hal ini diketahui dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang yang melimpahkan berkas tersangka lima Komisioner KPU kepada pihak Pengadilan pada Senin (1/7).
Tim Jaksa Gakkumdu Kejari Palembang Riko Budiman mengatakan, mereka sebelumnya menerima kembali berkas yang diserahkan penyidik Polresta Palembang, pada Rabu (26/6).
Setelah dilakukan penelitian dan pemeriksaan, berkas tersebut dinyatakan lengkap atau P21. “Sekarang berkas sudah dilimpahkan ke Pengadilan untuk proses persidangan,” katanya.
Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Yon Edi Winara, melalui penyidik sentra Gakkumdu, Iptu Hamsal, membenarkan berkas lima Komisioner KPU sudah dinyatakan lengkap.
“Benar sudah P21. Kita sudah beritahukan oleh pihak Kejari Palembang. Untuk tahap II, hari ini berkas tersangka dilimpahkan Kejari ke Pengadilan,” katanya.
Lima Komisioner KPU Palembang, , sebelumnya ditetapkan tersangka oleh penyidik Gakkumdu Polresta Palembang akibat dugaan melakukan tindak pidana pelanggaran pemilu.
Kasus itu mencuat, setelah dilaporkan Bawaslu Palembang. Dalam laporan tersebut, KPU disebut tidak menjalankan rekomendasi secara penuh Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) pada pemilu 2019. Sehingga dianggap menghilangkan hak pilih masyarakat.#osk