Layanan Makan Humanity Food Van ACT Menyapa Warga TPA Sukawinatan Palembang

8

Palembang, BP
Rabu (29/5) sore , Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumsel berkesempatan menyambangi warga TPA Sukawinatan Palembang, menghantarkan 150 paket layanan makan humanity food van hasil dari kedermawanan para donatur.

Saat tiba di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan, Tim ACT pun mulai menyusuri jalan dengan kondisi sampah yang berserakan di sepanjang lorong, bahkan gundukan sampah yang telah menggunung pun terlihat jelas sejak memasuki gerbang area TPA Sukawinatan.
Wangi khas aroma dari berbagai limbah rumah tangga se-Kota Palembang itu pun begitu menusuk, saat mobil Humanity Food Van berhenti di atas jalan berlumpur sampah.

Terlihat dari kejauhan, beberapa warga berlarian menuju kearah mobil Humanity Food Van yang terparkir saat itu, menyambut kehadiran ifthar ACT yang terbungkus rapi dalam kotak segiempat putih berbalut stiker “Layanan Makan Gratis Humanity Food Van”. Ditengah antusiasme yang luarbiasa itu, para warga tetap berbaris dengan tertib mengantri pembagian ifthar yang dibagikan oleh para relawan ACT.

Agus, salah satu warga TPA Sukawinatan yang juga menerima ifthar sore itu, mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadiran ACT yang telah membawa paket pangan berbuka untuknya , sehingga ia bisa menikmati makanan lezat hari itu. Maklum, penghasilan yang tak menentu juga menjadi pertimbangannya dalam memilih menu makanan setiap hari.

“Terimakasih untuk ACT, Alhamdulillah hari ini bisa makan enak, biasanya kalau dirumah ya makan seadanya uang mbak, cukup gak cukup yang penting masih bisa makan, kata dia menceritakan kondisi kesehariannya”.

TPA Sukawinatan merupakan tempat implementasi keenam dari program Humanity Food Van ACT Sumsel selama Ramadhan ini, terhitung sudah sekitar 800 kotak paket ifthar tersampaikan kepada para penerima manfaat melalui program tersebut.

Hening, selaku tim Markom ACT Sumsel yang menjadi koordinator implementasi program sore itu menjelaskan bahwa, TPA Sukawinatan menjadi salah satu lokasi pendistribusian program ACT yang selama dua tahun terakhir selalu disambangi, hal ini karena melihat kondisi keseharian para warga TPA yang tergolong prasejahtera.

“Alhamdulillah, hari ini telah kami sampaikan amanah dari para donatur yang telah berdonasi melalui ACT Sumsel, lewat program Humanity Food Van ini, dan selama dua tahun terakhir TPA Sukawinatan ini menjadi salah satu lokasi yang masuk kedalam list program ACT, karena kami memang ingin apa yang diberikan oleh donatur itu sampai kepada yang benar-benar tepat sasaran, jelasnya”.

Selain program tersebut, ACT juga memiliki program implementasi Zakat Fitrah, Maal dan lain sebagainya. ACT membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin membayar zakat melalui ACT, dapat melalui Rekening BNI Syariah (999 000 435) atas nama Yayasan Global Zakat dari ACT serta layanan jemput zakat yang dapat menghubungi Call Center (081369007979).#osk