Pemkab OKU Luncurkan Aplikasi Simpebaja

16

Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda OKU Karel Akbar. BP/Ariyan

Baturaja, BP — Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (Pemkab OKU) meluncurkan Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa (Simpebaja) versi 0,2 guna mewujudkan pengadaan barang/jasa yang kredibel.

Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda OKU, Karel Akbar, saat dikonfirmasi Selasa (28/5), menjelaskan, aplikasi Simpebaja ini dibuat atas dasar Peraturan Bupati (Perbup) yang memiliki visi untuk mewujudkan pengadaan barang/jasa yang kredibel.

Baca:  Pengurus PMII OKU Dilantik

“Sedangkan misinya adalah menciptakan pengadaan barang yang efektif, efesiensi, akuntabel, dan transparan,” katanya.

Dia menjelaskan, aplikasi ini dilengkapi dengan struktur organisasi, data pengadaan, monitoring, informasi dan portal OPD di Kabupaten OKU.

“Yang terpenting, Simpebaja memudahkan para OPD yang punya pekerjaan tidak harus lagi membaca berkas manual. Tapi cukup melalui aplikasi Simpebaja,” ujar Karel.

Baca:  Kabupaten OKU Dapat Tambahan 61 Calon Jemaah Haji

Menurut dia, peluncuran aplikasi Simpebaja versi 0,2. Merupakan penyempurnaan program e-goverment yang sudah diterapkan Pemerintah Kabupaten OKU sebelumnya seperti e-budgeting, e-audit, e-catalog, e- payment dan e-controlling.

Program tersebut, kata dia, memanfaatkan teknologi sehingga masyarakat bisa ikut mengontrol program kerja yang dilakukan pemerintah daerah setempat.

“Secara bertahap Kabupaten OKU terus melakukan penyempurnaan program e-goverment,” kata dia.

Baca:  Begal Kembali Beraksi, Remaja 17 Tahun Ditusuk Lalu Ditembak

Aplikasi Simpebaja ini, lanjut dia, akan memudahkan para OPD yang melakukan tahapan persiapan tender secara online.

“Melalui aplikasi ini diharapkan pengadaan barang jasa bisa berlangsung secara efektif, efesien, akuntabel dan transparan,” ujarnya. #yan