Truk Trailer Batubara PT TMR Hajar Tiang Lampu Jalan

4

Tiang lampu jalan yang roboh akibat disambar truk trailer batubara PT TMS. BP/NURUL HUDI

Muarsenim, BPPara pegawai kantor Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan Kodim 0404 Muaraenim yang beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Muaraenim, Jumat (24/5) sekitar pukul 10.30 WIB, mendadak heboh.

               Itu terjadi akibat rangkaian konvoi truk trailer batubara PT Timbul Mas Raya (PT TMR) dalam ukuran besar yang biasa digunakan mengangkut batubara di kawasan tambang, telah menyambar tiang lampu jalan dan kabel telepon yang berada di trotoar marka badan jalan tersebut.

              Tiang lampu jalan dan kabel telepon tersebut robol akibat terkena bak mobil truk treler yang cukup besar itu. Meski kejadian itu tidak ada menelan korban jiwa namun salah seorang ibu ibu pengendara motor yang bereda di belakang rangkaian mobil tersebut nyaris terkena timba lampu jalan tersebut.

Baca:  Rumah Pengedar Narkoba Digrebek, Dua Orang Diamankan

                Akibat putusnya kabel telepon itu, membuat jaringan internet di lingkungan perkantoran Pemkab Muaraenim mengalami gangguan. Hingga berita ini dibuat, tiang lampu jalan yang roboh dan kabel telepon yang putus tersebut belum dilakukan perbaikan. Namun puing-puing tiang lampu jalan yang roboh telah dibersihkan.

               Keberadaan truk trailer tersebut melintas disiang hari sempat mengundang pertanyaan masyarakat. Karena sesuai dengan ketentuan, truk treler dengan ukuran besar hanya diperbolehkan melintas jalan umum pada malam hari dengan mendapatkan pengawalan aparat keamanan.

Baca:  102 Desa di Muaraenim Pilkades Serentak

            Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, rangkaian konvoi truk trailer itu berjalan dari arah Lahat menuju Palembang. Truk tersebut telah habis masa kontraknya untuk mengangkut batubara di PT Servo Lintas Raya.

             Lantas pihak perusahaan hendak memindahkan truk itu ke Kalimantan. Untuk menuju Kalimantan, truk tersebut harus ke pelabuhan Bombaru Palembang untuk diangkut menggunakan kapal menuju Kalimantan.

              Namun  saat dalam perjalanan menuju Palembang, tiba-tiba ketika sampai di jalan Jenderal Ahmad Yani kota Muaraenim, salah satu rangkaian truk tersebut pada bagian baknya menghantam tiang lampu jalan dan kabel telepon hingga roboh.  

               Kasat Lantas Polres Muaraenim AKP Feby Febriyana, ketika dikonfirmasi awak media membenarkan kejadian itu. “Mereka sudah meminta izin kepada kita untuk melintas dan dilakukan pengawalan,” jelasnya saat dikonfirmasi awak media.

                 Menurutnya, truk trailer tersebut berjalan dari Lahat menuju Palembang hendak dikirim ke Kalimantan. Karena kontrak kerjanya dengan PT Servo sudah habis.#nur