Ultimate magazine theme for WordPress.

Penertiban Alat Peraga Kampanye Terkendala Anggaran

foto: intens news

Muaraenim, BPBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muaraenim terancam tidak bisa secara maksimal menertibkan seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) Capres dan Cawapres maupun Caleg hingga ke pelosok desa yang ada di wilayah Muaraenim pada masa tenang pekan depan. Soalnya lembaga pengawas Pemilu ini tidak mempunyai anggaran yang cukup untuk menertibkan APK tersebut.

                   “Setelah kami hitung hitung, anggaran yang dibutuhkan untuk penertibkan APK hingga ke kecamatan kecamatan dan desa butuh dana sekitar Rp 90 juta, sedangkan kami tidak ada anggaran,” jelas Ketua Bawaslu Muaraenim Suprayitno pada rapat kordinasi dengan Bupati Muaraenim, Senin (8/4).

Baca Juga:  Jamin Seleksi Sekdes Bebas KKN

                    Menurutnya, selain anggaran penertiban APK, pihaknya juga tidak mempunyai anggaran patroli pengawasa. Sedangkan patroli pengawasan perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran Pemilu.

                  Saat ini, lanjutnya, sudah mulai terindikasi bagi bagi uang dan ancaman serangan pajar. “Inilah yang perlu kita antisifasi,” jelasnya.

                Menanggapi permasalahan itu, Sekda Muaraenim Ir H Hasanudin MSI mengungkap bahwa Pemkab Muaraenim sebenarnya sudah menyiapkan anggaran tak terduga sebesar Rp 10 miliar untuk pelaksanaan Pilpres dan Pileg.’     

Baca Juga:  KPU Sumsel Dekatkan Kaum Agama

                Namun sampai sekarang Mendagri belum menerbitkan Juklak dan Juknis penggunaan anggaran tersebut. Akibatnya sampai sekarang anggaran itu tidak bisa digunakan.

                Solusi yang bisa dilakukan, lanjut Sekda, memanfaatkan sarana prasana yang dimiliki masing masing OPD untuk membantu pelaksanaan penertibkan APK pada saat masa tenang sebelum pelaksanaan pencoblosan.

                 Sementara itu, Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani, MM sependapat dengan solusi yang disampakan Sekda jika anggaran tersebut tidak bisa digunakan. “Masih masing OPD terkait maupun Camat agar dapat membantu pelaksanaan penertiban APK tersebut,” jelasnya.#nur

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...