Ultimate magazine theme for WordPress.

KPU Kabupaten PALI Gelar Bimtek Operator Aplikasi Situng

PALI, BP–Mendekati hari pelaksanaan pemilihan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar Bimbingan Teknis Operator Aplikasi Penghitungan Suara (Bimtek Operator Situng) Pilkada Serentak Tahun 2019, bertempat di Restoran Hotel Carle, Sabtu (6/4). Bimtek diikuti seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) divisi teknis dan operator situng di Kebupaten PALI sebanyak 23 orang.
“Tujuan penggunaan Aplikasi Situng adalah untuk membantu proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. Aplikasi ini akan mempermudah proses rekapitulasi suara,” kata Komisionir Sunario Bidang Thknis KPU Kabupaten PALI saat memberikan pengarahan kegiatan kepada semua peserta bimpingan teknis orator se Kabupaten PALI .
Menurut Sunario, keunggulan Situng ini adalah kemampuan mendeteksi kesalahan penghitungan pada formulir C-KWK dan C1-KWK. Pasalnya, manakala terjadi salah hitung aplikasi ini bisa mendeteksi secara otomatis. Jika ditemui kesalahan penghitungan, sambung Sunario, PPK dapat memperbaiki kesalahan itu dengan persetujuan saksi dan panitia pengawas. Dalam proses rekapitulasi, hasil akhir penghitungan suara yang sah adalah yang tertera dalam formulir DAA-KWK dan DAA1-KWK. Ke formulir DA- KWK dan DA1-KWK
Selain mempermudah rekapitulasi, tersedia pula menu Situng Pindai dan Situng Entri di tingkat KPU Kabupaten PALI. Masih menurut Sunario, kelebihan aplikasi situng adalah bisa mencegah terjadinya kecurangan pemalsuan data secara bertahap mulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ke KPU. Sebab, selain hasil penghitungan diinput ke dalam hard formulir, data itu juga diinput ke dalam situng. Dengan begitu keselarasan data akan selalu terjaga.
Selama bimtek, peserta melakukan simulasi pengisian formulir C-KWK dan C1-KWK. Selanjutnya, data tersebut digunakan untuk latihan praktik pengisian data ke dalam aplikasi situng. #hab
Baca:  PPK Pilkada Serentak di Sumsel Dilantik 29 Februari
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...