Tertipu Iming-iming Jadi PNS, Rp80 Juta Tak Kembali

3

Korban penipuan membuat laporan di Polresta Palembang, Jumat (22/3). 

Palembang, BP–Berbagai cara dilakukan para pelaku penipuan untuk menguras harta para korbannya, seperti yang dialami Emilia (44), warga Komplek Griya Bumi Indah, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan IT II Palembang.

Korban harus kehilangan uang Rp80 juta setelah ditipu dengan janji menjadi PNS oleh terlapor bernama Andi Yusuf (37) yang selama ini dikenal korban sebagai pelanggan di tokonya.

Akibat kejadian itu korban melapor ke SPKT Polresta Palembang, Jumat (22/3).Kepada petugas Emil yang datang bersama suaminya mengatakan, saat itu terlapor berbelanja di tokonya yang berada di Lantai 1 Pasar 16 Ilir Palembang, pada Selasa Desember 2018 lalu.

Baca:  Lukai Teman Kencan, Semmy Diamankan

Saat mengobrol, terlapor menawarkan kepada korban bisa membantu untuk masuk menjadi PNS di Badan Pertahanan Nasional. Karena tergiur, Emil setuju dan meminta terlapor menolong agar anaknya, Adam (20) dan Aldo (18) menjadi PNS.

“Katanya kalau anak saya mau jadi PNS bisa dibantu sama dia, persyaratannya dengan memberikan biaya administrasi saja,” ujarnya.

Baca:  Tak Bayar Fee Penjualan Ratusan Juta, Sales Pupuk Subsidi Diamankan

Emil yang percaya akhirnya memberikan uang kepada Andy sebesar Rp80 juta sebagai biaya administrasi. “Saya berikan uangnya secara langsung dengan dia dan dia juga memberikan kuitansi sebagai bukti transaksi,” katanya.

Namun, sampai saat ini anak  korban belum juga bekerja sebagai PNS dan uang korban tidak kunjung dikembalikan. “Setelah itu tidak ada kabar lagi, saya diminta tunggu terus, tapi tidak ada kejelasan hingga saat ini,” jelasnya.

Baca:  Ditipu Kenalan Baru, Uang Rp20 Juta Raib

Kasubag Humas Polresta Palembang AKP Andy Haryadi membenarkan adanya laporan korban tentang penipuan dan saat ini kasusnya masih dalam penyelidikan lebih lanjut. #idz