DPRD Kota Palembang Prihatin Penanganan Sampah Makin Semerawut

3

BP/IST
Anggota DPRD kota Palembang Hardi

Palembang, BP

Semakin semerawutnya penanganan sampah di kota Palembang mulai sampah  bertebaran dan dibuang di tengah jalan hingga banyak mobil pengangkut sampah yang kurang layak jalan menjadi keprihatinan anggota DPRD kota Palembang.

“Kondisi sampah di Palembang kemarin aku sudah bilang harus ada kesadaran mendasar dari masyarakat , dalam rangka itu  tidak ada salahnya bukan hanya Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK)  tapi semua stekholder  terkait, Kelurahan, RT, RW sering-sering lakukan sosialisasi,” kata Anggota DPRD kota Palembang Hardi, Kamis (21/3).

      Dari sisi peralatan  dan perlengkapan penanganan sampah di Palembang harus di perbaharui.

Baca:  Ahmad Yani Bantah Terima Fee dan Mobil

“ Yang memang tidak layak pakai harusnya sudah harus di pensiunkan , diganti baru,” kata politisi Partai Nasdem ini.

      Dia mengakui Pemkot Palembang pernah mengajukan usulan pembelian armada angkutan sampah baru namun dirinya tidak hapal jumlahnya.

“Dalam rangka kesadaran masyarakat itu , aku lebih menghendaki kawan kawan di DLHK bersama Pol PP  dan bila di perlukan polisi dan tentara untuk melakukan razia bersama, ini akibat masyarakat sembarangan membuang sampah dan kayak di Talang Kerikil itu  bukan Cuma masyarakat biasa bukan sampah rumah tangga tapi  sampah industri, pakai pick up dia datang dan itu tempat sampah liar, kalau kita tidak ada penjagaan dan tidak ada razia dia sembarangan buang dan sekehendak hati tiap hari disana,” katanya.

Baca:  Komunitas SCB Kunjungi Kompleks Pemakaman Sabokingking

Dia sepakat pelanggar yang membuang sampah sembarangan itu di razia, tangkap, di sidang dan di denda , bahkan bisa di pidana agar ini menjadi epek jera bagi oknum warga yang membuang sampah sembarangan baik sampah rumah tangga maupun sampah industri.

“ Dalam hal ini semuanya kembali tangggung jawabnya ke DLHK, jadi harus bertanggung jawab dan harus melakukan langkah-langkah yang taktis,” katanya  sembari mengatakan DPRD kota Palembang sudah sering memanggil pihak Pemkot Palembang untuk meminta penjelasan terkait masalah sampah ini dan pihaknya menunggu aksi Pemkot Palembang mengenai masalah sampah ini.

Baca:  Di JSC Bakal Dibangun Kawasan Hiburan

Apalagi Raperda sampah rumah tangga  sedang di godok yang kini pembahasannya masih alot.

“ Mari kita bahu membahu, kita bereskan , kita tuntaskan,” katanya.#osk