Sekretaris Desa Terlibat Begal Motor

3

Dua pelaku begal diamankan di Polres OKU.

Baturaja, BP–Atoni (41) yang berstatus Sekretaris Desa (Sekdes) Gunung Meraksa, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU ditangkap karena terlibat perampasan sepeda motor.

Pelaku ditangkap anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres OKU bersama rekannya, Dika Budi (28) atas koordinasi Polsek Lubuk Batang yang mendapat laporan tentang kejadian tersebut, Senin (18/3).

Dari data diperoleh, aksi perampasan tersebut dilakukan Toni dan Dika terhadap korban Londo saat melintas di simpang empat Desa Sukadi, Kecamatan Baturaja Timur, Minggu (17/3).

Pelaku yang mengejar korban dari belakang langsung menerjang sepeda motor BG 5913 FAB yang dikendarai korban bersama rekannya, hingga membuat keduanya terjatuh.

Baca:  Dua Beranak Nyaris Tewas Ditikam Begal

Saat korban terkapar bersama sepeda motornya, pelaku langsung turun dari motor dan memukul korban, hingga saat korban tak berdaya, kedua pelaku langsung membawa kabur sepeda motor korban dan korban langsung melaporkan kejadian yang dialaminya.

Namun sehari setelah kejadian, tersangka Toni mendatangi Mapolsek Lubuk Batang mengendarai sepeda motor hasil kejahatan tersebut dengan maksud membuat laporan kehilangan ponsel.

Saat itu tersangka mengaku ponsel miliknya sudah di copet seorang biduan saat ikut berjoget di sebuah acara hiburan organ tunggal di Desa Banuayu.

Baca:  Polda Sumsel Terjunkan Tim Gabungan Buru Pelaku Begal

Kapolsek Lubuk Batang AKP Ujang Abdul Aziz yang telah mendapat ciri-ciri terduga pelaku begal motor yang dialami korban Londo sebelumnya, langsung berkoordinasi dengan Polres OKU.

Tim Satreskrim Polres OKU yang datang langsung mengamankan pelaku untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait dugaan aksi begal yang melibatkan Toni.

Kapolres OKU AKBP Ni Ketut Widayana Sulandari didampingi Kasat Reskrim AKP Alex Andriyan mengatakan selain bakal dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian disertai kekerasan, pelaku juga terancam dicopot dari jabatan sebagai Sekdes.

Baca:  Begal Tak Sadar Membegal Kawan Sendiri

“Saat ini kedua pelaku masih dalam pemeriksaan lebih lanjut terkait dugaan aksi perampasan sepeda motor yang melibatkan mereka,” kata Kapolres.

Sementara itu tersangka berdalih, menurut Toni, ponsel dirinya telah di copet sang biduan saat berjoget. “Biduan itu mencopet HP saya, maka aku kejar,” kilah Toni seraya menambahkan bahwa ia sengaja datang ke Polsek untuk membuat laporan. #her