Kapal Roda Lambung di Sungai Palembang Tahun 1912-1913

7

BP/Dudy Oskandar

Oleh: Dudy Oskandar, Jurnalis 

TRANSPORTASI massal ini   bernama kapal uap roda lambung yang  menjadi sarana pengiriman barang antara pulau-pulau di wilayah ini dioperasikan oleh Koninklijke Paketvaart Maatschappij.

Di mana Pemerintah telah menandatangani kontrak untuk pelayaran transportasi reguler untuk 13 pelayaran kapal uap di wilayah ini. Dengan persyaratan yang diberlakukan oleh Pemerintah setempat.

Baca:  Sepi, Sumber Bangka Tidak Beroperasi

Terhadap pembayaran , pelajaran tersebut juga diterapkan dengan sistim subsidi yang diberlakukan secara moderat setiap per mil geografis perjalanan.

Dan kewajiban untuk menggunakan kapal uap ini tidak lain untuk untuk mentransfer barang dan penumpang , sejauh Pemerintah tidak mengangkutnya dengan transportasi massal tersebut dengan perang atau kapal angkut milik pemerintah.

Terlepas dari apa yang disebut layanan kontraktual, banyak layanan transportasi lain yang kurang lebih teratur dipertahankan di wilayah ini.

Baca:  1 Korban Tenggelam Kecelakaan Ketek di Banyuasin Belum Ketemu

Selain itu, kapal uap  yang memiliki roda lambung di belakangnya, merupakan layanan transportasi reguler  yang juga diberlakukan  di beberapa sungai-sungai yang ada  di Sumatra.#osk

 

Sumber : http://www.dickrozing.nl