Tak Semata Fisik, Satgas TMMD Ke-104 Kodim 0418/Palembang Juga Tanamkan Wawasan Kebangsaan Kepada Masyarakat 

2

BP/ISTSatuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019 Kodim 0418/Palembang melaksanakan penyuluhan Wawasan Kebangsaan kepada masyarakat Kelurahan Pulokerto Kec. Gandus Kota Palembang dengan mengambil materi “Pentingnya nilai-nilai Pancasila bagi kehidupan berbangsa dan benegara” bertempat di Posko TMMD.Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (1/3)

Palembang, BP

 

Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019 Kodim 0418/Palembang melaksanakan penyuluhan Wawasan Kebangsaan kepada masyarakat Kelurahan Pulokerto Kec. Gandus Kota Palembang dengan mengambil materi “Pentingnya nilai-nilai Pancasila bagi kehidupan berbangsa dan benegara” bertempat di Posko TMMD

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (1/3) ini pematerinya, Danramil 418-07/Sukarame Mayor Inf Heribertus Mujono, S.Ag, S.Psi. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk membangun karakter masyarakat yang cinta tanah air, dan masyarakat agar mencintai NKRI dan menjaga persatuan dan kesatuan.

 

Dalam penyuluhannya, Mayor Inf Heribertus Mujono menyampaikan, bahwa dasar Negara Indonesia adalah Pancasila, karena Pancasila sebagai pemersatu bangsa terhadap beragamnya kebhinekaan yang terdiri dari 17.504 pulau dan 1.128 suku serta luas Indonesia yang mencapai 1.922.570 Kilo meter persegi. “Negara yang begitu luas dan kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) serta multi keberagaman mempunyai konsekuensi positif maupun negatif”, terang Mayor Heribertus.

 

Lebih lanjut Mayor Heribertus mengatakan, bahwa TMMD berupaya menepis keterisoliran masyarakat yang berdampak pada ketertinggalan masyarakat terhadap pendidikan terutama pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Masyarakat yang tertinggal pendidikanya bukan berarti mereka tidak cinta tanah air, tapi mereka kecolongan informasi dikarenakan terbatasnya informasi. “Tetapi, dengan dibangunya jalan serta prasarana lainya melalui TMMD, dapat melancarkan kegiatan anak-anak untuk bersekolah dan dengan berbekal pendidikan itulah, mereka akan senantiasa mampu melihat Tanah Airnya secara utuh, karena itu merupakan harta kita bersama yang layak dipertahankan secara bersama-sama”,jelasnya.

 

Dengan demikian, secara implisit TMMD yang dicanangkan oleh TNI serta didukung oleh Pemerintah Daerah setempat, progresnya adalah melahirkan jiwa Nasionalisme dan Patriotisme Bangsa. Maka dari itu, untuk menjamin tetap tegak berdirinya NKRI yang begitu luas dan kaya SDA, kita harus berdaulat serta bersatu di bawah panji Pancasila. “Untuk itu, sosialisasi 4 Konsensus Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan kegiatan non fisik dari TMMD senantiasa urgen disampaikan kepada masyarakat disekitar sasaran TMMD, supaya mereka semakin terbuka wawasanya serta semakin cinta terhadap NKRI”, pungkasnya.

 

Dalam kegiatan penyuluhan Wawasan Kebangsaan yang dihadiri masyarakat Pulokerto tersebut, dilakukan pemutaran video klip sebagai apersepsi pengantar ke materi, Quiz dan membagikan buku butir-butir Pancasila.#osk