TMMD Ke 104 Kodim 0418 Palembang Resmi Dibuka

5

BP/DUDY OSKANDARUpacara pembukaan TMMD ke 104 Kodim 0418 Palembang dengan tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional ” digelar di lapangan Dermaga Dishub Pulokerto Gandus,  Selasa (26/2).

Palembang, BP

 

Upacara pembukaan TMMD ke 104 Kodim 0418 Palembang dengan tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional ” digelar di lapangan Dermaga Dishub Pulokerto Gandus,  Selasa (26/2).

Upacara dipimpin Walikota Palembang H Harnojoyo dan upacara diawali laporan Dansatgas TMMD Ke 104 Dandim 0418 Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS terkait TMMD Ke 104.

Setelah itu Walikota dan inspektur upacara melakukan pemeriksaan barisan peserta upacara.

Walikota Palembang H  Harnojoyo mengatakan,  hari ini pihaknya bersama Kodim 0418 melaksanakan TMMD yang dilksanakan di Pulokerto.  “Terima kasih kepada semua pihak terutama Kodim 0418 yang telah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), diantaranya dalam melaksanakan akses jalan sepanjang 2 kilometer.  Atas nama Pemkot Palembang dan DPRD Kota Palembang kami ucapkan terima kasih, ” katanya.

 

Lebih lanjut Harnojoyo mengungkapkan,  TMMD ini melaksanakan baksos,  bedah rumah,  bedah masjid dan lainnya.  “Kita beryukur TNI sukarela melaksanakan TMMD ini.  Mari kita jaga dan sayangi apa yang sudah dilakukan oleh TNI, ” katanya.

 

Harnojoyo menerangkan,  program TNI Manunggal Membangun Desa (T MMD) ini menunjukkan adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antara TNI dan Pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca:  Ketua Tim Wasev TMMD Ke-104 Kunjungi Kelurahan Pulokerto Palembang

Program ini menurutnya, dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat, mengingat sebagian besar wilayah Kota Palembang masih banyak memerlukan bantuan dari semua stakeholder termasuk dari TNI. Sehingga keberadaan TNI sangat dibutuhkan dalam rangka mensinergikan pembangunan bersama masyarakat, membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur diwilayah pinggiran Kota Palembang dengan mengacu pada ituasi dan kondisi sosial wilayah yang menjadi tempat pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD).

Hal ini menurutnya, sejalan dengan program pemerintah pusat maupun daerah. Kegiatan ini juga diselenggarakan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan juga menumbuhkan budaya gotong royong masyarakat dalam membangun daerah.

 

“Program TMMD merupakan tugas mulia dan sudah banyak pengabdian maupun keberhasilan yang ditorehkan. Pengabdian ini tidak boleh lekang oleh jaman, dan terus bergerak ke depan demi sebuah kemaslahatan dan kemandirian. Satu bukti yang tidak terbantahkan bahwa semangat gotong royong terus terawat dengan baik lewat TMMD. Inilah kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang telah banyak memberi manfaat nyata demi terwujudnya infrastruktur Kota Palembang Yang handal berlandaskan gotong royong,” tandasnya.

Baca:  KPU Palembang Keluhkan Fasilitas JSC Tak Bisa di Pakai Untuk Lipat Surat Suara

 

Sedangkan   Dandim 0418 Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS menuturkan,  hari ini luar biasa Kodim bisa melaksanakan TMMD ke 104 tahun 2019. Dalam pelaksanaan TMMD ini dilakukan berbagai kegiatan yakni perbaikan jalan penghubung Kampung Pulokerto menuju Kmpung Sungai Lacak sepanjang 2.000 meter dengan lebar 6 meter dan pemasangan gorong-gorong sebanyak 2 titik. Kemudian rehab Masjid AT Taufik RT 23 Kel. Pulokerto Kecamatan  Gandus, pembuatan jembatan sepanjang 6 meter dan lebar 4 meter serta  pembuatan Pos Kamling 3 Unit pembuatan MCK 3 Unit.

 

Untuk sasaran non fisik, lanjut Honi,  adalah penyuluhan bela negara, penyuluhan hukum., penyuluhan keagamaan, penyuluhan tentang Bios 44, penyuluhan pertanian, perkebunan dan perikanan dan pengobatan masal dan donor darah dan khitanan.

 

“Kita berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesjehteraan masyarakat.  Ini program dari Pusat untuk mewujudkan semangat TNI membangun desa, ” katanya.

 

Honi menambahkan, untuk perbaikan jalan penghubung Kampung Pulokerto ini tidak ada tantangan berarti,  hanya saja saat ini musim hujan. “Kami yakin Maret ini bisa selesai pembangunannya, ” pungkasnya.

Baca:  Berkas Tahap II Tersangka 5 Komisioner KPU Palembang Dilimpahkan ke Pengadilan

 

Dalam Kegiatan tersebut juga di gelar penyematan tanda peserta TMMD ke 104 dan penyerahan peralatan kerja seperti cangkul dan sebagainya oleh Walikota Palembang H Harnojoyo didampingi Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono, Ketua DPRD H. Darmawan, SH, Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS, Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamsah.

Selain juga dilaksanakan Deklarasi damai Pemilu 2019 yang disampaikan Wali Kota Palembang H Harnojoyo, Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono, Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS, Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamsah dan diikuti Satgas TMMD 104 Kodim 0418/Palembang dan pembagian sembako kepada warga serta diakhiri hiburan , penampilan kesenian, tarian, Marching Band.

Hadir dalam kegiatan upacara pembukaan TMMD tersebut Kakan Kemenag Kota Palembang, Kadilti Kota Palembang, Kajari Kota Palembang, Pasi Intel Lanal Palembang, perwakilan Lanud SMH Palembang, Wadandempom II/4 Palembang, Camat Gandus Kasdim beserta Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0418/Palembang, Kades se-Kecamatan Gandus, Tomas dan Toga serta masyarakat dan tamu undangan lainnya sekitar 600 orang.#osk