Warga OI Diimbau Buat Sertifikat Gratis Jalur PTSL

4

Kantor BPN Ogan Ilir

Inderalaya, BP–Lantaran tidak dipungut biaya, warga Kabupaten Ogan Ilir (OI) diimbau untuk membuat sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) 2019.

Saat ini pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN sedang gencar gencarnya melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Tahun 2018 program ptsl mendapatkan target 5500 bidang tanah namun yang tercapai pembuatan sertifikatnya 5400 bidang tanah. Bahkan Pada 2019 nanti diharapkan kerjasama baik pemilik tanah, kades, lurah, camat dan sebagainya dan program dapat dilanjutkan kembali, karena target 6000 bidang tanah untuk terbit 4000 sertifikat.

Baca:  Diduga Oknum ASN "Main Proyek" Pengadaan Gorden

“PTSL-kan program Presiden Jokowi masuk dalam nawacita, artinya gratis biaya pengurusnnya di BPN, diluar bea perolehan hak tanah dan bangunan (bphtb) materai dan patok tanah. Tentunya dengan program pembuatan sertifikat gratis masyarakat lebih memilih program ini. Jadi masyarakat diharapkan memanfaatkan program tersebut,” ujarnya.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Kantor BPN OI Manatar Pasaribu SE Msi didampingi Kasi Hubungan Hukum Kantor BPN OI Hasan Basri, SH dan Kasubsi Pendaftaran Kantor BPN OI Gerardus Ardi SH. Menurutnya tidak benar kalau ada pungli di Kantor BPN OI dalam pembuatan sertifikat tanah, uutk biaya pengurusan sertipikat masyarakat dikenakan besaran biaya sesuai ketentuan dan disetorkan langsung oleh pemilik tanah ke bank. Bahkan ia mengimbau agar masyarakat membuat sertifikat tanah melalui program PTSL.

Baca:  Menejemen PDAM Tirta Ogan Terus Berbenah

“Ya setor sesuai biaya resmi berdasarkan PP no 128 tahun 2015 tentang penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kementerian ATR/BPN. Kita sangat dirugikan dengan pemberitaan yang tidak benar, jadi kami minta kepada masyarakat agar mengurus sertifikat tanahnya sendiri ke kantor bpn bukan melalui calo. Dan kami imbau agar masyarakat tidak resah dengan isu yang beredar,”tegas Hasan kemarin. #hen

Baca:  Ternyata Ada 2 ULP di Ogan Ilir, Keduanya Melakukan Proses Lelang