Suasana Riuh Dan Ramai  di Nobar Debat Capres Dan Cawapres  di Palembang

3

BP/IST
Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumsel Koalisi Indonesia Kerja Ir H Joko Widodo-Prof DR (HC) KH Ma’ruf Amin, Ir H Syahrial Oesman saat memberikan stetmen disela –sela acara nobar Debat perdana pasangan calon Presiden (Capres) dan calon wakil Presiden (Cawapres), Kamis (17/1).

Palembang, BP

Debat perdana pasangan calon Presiden (Capres) dan calon wakil Presiden (Cawapres) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di ikuti oleh tim sukses masing-masing capres dan cawapres di sekretariatnya masing-masing dan masyarakat, Kamis (17/1).

Suasana riuh dan ramai terlihat saat pasangan capres dan cawapres menyampaikan gagasan dan idenya.

Acara debat juga dimeriahkan oleh setiap daerah begitu juga di Palembang, Sumsel. Salah satu upaya yang dilakukan para pendukung itu sendiri dengan menggelar nonton bareng (Nobar) baik pasangan capres dan cawapres 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan pasangan Capres dan Cawapres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Seperti yang dilakukan oleh Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumsel pasangan capres dan cawapres 01, Jokowi-Ma’ruf Amin di sekretariatnya di Jalan Pangeran Ratu, Jakabaring Palembang.

Ratusan simpatisan dan kader Partai pendukung menghadiri acara dengan juga dimeriahkan oleh artis KDI Dina Rubi serta dua pengamat politik Joko Siswanto dan Bagindo Togar, Kamis (17/1).

Sebelum acara dimulai, para tamu undangan, kader Parpol, relawan dan lainnya dihibur oleh artis nasional jebolan KDI Dina Rubi. Disana para tamu berjoget bersama sembari berteriak yel yel kemenangan bagi Capres dan Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKDSumsel Koalisi Indonesia Kerja Ir H Joko Widodo-Prof DR (HC) KH Ma’ruf Amin, Ir H Syahrial Oesman mengatakan, kalau jawaban pasangan Jokowi-Ma’ruf brilian.

Baca:  BM PAN Perioritaskan Kemengan Zulhas Sebagai Capres 2019

Selain itu Jokowi menurutnya Jokowi memahami soal HAM dan bisa membedakan HAM dan masalah hukum .

“Kalau pasangan 02 hanya bicara masalah hukum dan dia tidak bahas teroris dan HAM, padahal saya inginnya dua-duanya membahas keempat masalah itu HAM, Teroris, Hukum dan Korupsi harus dibahas semua, “ katanya.

Selain itu menurutnya, acara nobar ini juga dilakukan di kabupaten/kota, seperti di Muara Enim juga ada nobar. Kalau untuk TKD kabupaten kota lain  pihaknya sudah memberikan  imbauan agar menonton bersama semua pendukung Jokowi – Ma’ruf.

Menurutnya, acara debat Capres dan Cawapres  yang diselenggarakan oleh KPU RI ini akan membuat masyarakat mudah untuk menilai siapa pemimpin yang tepat untuk Indonesia.  “Mulai dari debat segmen pertama kita bisa lihat siapa yang pantas jadi pemimpin Indonesia. Masyarakat sendiri yang akan beropini terhadap dua calon ini setelah siaran langsung debat ini,” tegas Mantan Gubernur Sumsel ini.

Ditanyai pengaruh terhadap partisipasi pemilih, kata Syahrial, acara debat yang disiarkan secara langsung tentu akan berpengaruh dengan tingkat partisipasi pemilih, walaupun tidak terlalu signifikan.  “Sekarang masyarakat sudah punya pilihannya masing-masing. Maka dari itu, acara debat ini bisa saja merubah pilihan masyarakat jika salah satu dari calon membuat kesalahan saat mengutarakan pernyataan-pernyataan tentang visi misi masing-masing,” katanya.

Baca:  Jadwal Debat Pilwako Palembang Diundur

Sedangkan salah satu pengamat politik narasumber dalam acara Nobar tersebut Bagindo mengatakan jika acara debat merupakan kesepakatan dua calon Presiden dengan penyelenggaran.” Hal ini untuk mempermudah para pihak agar mendengar langsung debat tersebut. Dan memang sudah kesepakatan bersama,” katanya.

Sementara itu, sekretaris TKD Sumsel Jokowi-Ma’ruf Amin,  Giri Ramandha Kiemas menuturkan jika kesiapan pihaknya untuk memenangkan pasangan nomor urut 01 telah maksimal.” Kita memang menyiapkan beberapa gerakan seperti baru baru ini meresmikan kantor TKD dan mempertemukan Cawapres Ma’ruf Amin dengan para Caleg asal Partai pendukung,” katanya.

Acara sendiri dihadiri oleh Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Sumsel, Syahrial Oesman, Bendahara TKD Alvin Keneddy, Bendahara PDIP Sumsel Yudha Rinaldi, para pengurus Partai pendukung serta pengurus dan relawan Jokowi-Ma’ruf Amin di Sumsel.

BP/IST
 Ketua Tim Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi Sumsel, Aswari Rivai disela –sela acara nobar Debat perdana pasangan calon Presiden (Capres) dan calon wakil Presiden (Cawapres), Kamis (17/1)

Sedangkan Tim Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi Sumsel  juga menggelar nobar debat capres dan cawapres di sekretariatnya di Jalan Veteran Palembang, Kamis (17/1).

Ketua Tim Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi Sumsel, Aswari Rivai, mengintruksikan caleg Gerindra yang merupakan partai pengusung pasangan nomor 02 terus mengkampanyekan pasangan Prabowo-Sandi ke daerah-daerah. Karena menurut Aswari, suara didaerah paling penting dirangkul untuk kemenangan pasangan Prabowo-Sandi.

Baca:  Terbatas, Debat Publik Empat Lawang Di Gelar Di Palembang

Untuk itu, kata dia Aswari yang juga caleg dari dapil Lahat, Empat Lawang dan Pagaralam ini akan menggelar nobar di dapilnya. “Setiap caleg diminta gelar nobar di daerah masing-masing. Nanti mungkin saya di dapil saya juga melakukan hal yang sama,”kata Aswari yang juga ketua DPD Gerindra Sumsel ini.

Menurut dia, nobar di daerah lebih efektif daripada nobar debat capres yang hanya dipusatkan disatu titik. Lebih lanjut, dirinya meyakini hasil debat capres akan mendongkrak perolehan suara pasangan Prabowo-Sandi. Karena track record Prabowo seorang Danjen Kopasus tentunya mampu menguasai jalannya debat.

“Mudah-mudahan dengan debat kandidat yang ada, bisa dilihat kualitas pemimpin itu, sosok pemimpin ini bisa dilihat dari debat. Karena debat ini bukan debat kusir, debat ini salah satu wawasan untuk kita apa yang akan mereka bangun ketika mereka menjadi pemipin,” katanya.

Bukan hanya itu saja bersama dengan partai koalisi caleg terus melakukan sosialisasi ketengah masyarakat dengan terjun langsung maupun memasang baleho Prabowo Subianto-Sandiaga.

“Masyarakat butuh perubahan yang lebih baik. Kita lihat saja kebutuhan ekonomi terus mengalami peningkatan sehingga membuat kebutuhan masyarakat semakin berat. Harga BBM naik, TDL naik dan lainnya,” katanya.#osk