Home / Headline / 168 Ribu Warga Sumsel  Siap Terima  BPJS Gratis

168 Ribu Warga Sumsel  Siap Terima  BPJS Gratis

BP/IST
Sekretaris Komisi V DPRD Sumsel Mgs Syaiful Padli

Palembang, BP

Rapat dengan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membahas mekanisme pendataan Penerima Bantuan Iuran (PBI) Atau BPJS  Gratis di Sumsel di gelar di ruang Komisi V DPRD Sumsel, beberapa hari lalu.

Dalam rapat tersebut di simpulkan  dari kuota dana APBD Sumsel 2019 Rp56 miliar dianggarkan dari APBD  Sumsel tahun 2019 tersebut untuk bantuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ke BPJS Kesehatan dalam bentuk subsidi ke masyarakat miskin untuk mendapatkan BPJS kesehatan gratis atau  Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Ternyata  lebih kurang ada sekitar 183 ribu warga Sumsel yang akan mengikuti PBI atau BPJS Gratis  namun yang siap baru 168 ribu  data Penerima Bantuan Iuran (PBI) Atau BPJS  Gratis di Sumsel.

“Alhamdulilah sudah siap 168 ribu data penerima bantuan yang nantinya dapat diusulkan melalui Dinsos Kabupaten dan Kota Se Sumsel  untuk di verifikasi dan validasi,” kata Sekretaris Komisi V DPRD Sumsel Mgs Syaiful Padli, Kamis (17/1).

Dan Dinsos kabupaten dan kota menurutnya barusan melakukan rapat bersama .

“ Dinsos ingin membuat Koordinator Tehnik  (Kortek) per kecamatan satu orang, untuk memudahkan masyarakat mengakses BPJS Kesehatan gratis jadi dalam rangka pendataan PBI , kortek di biayai APBD, kortek ini untuk pendataan pasien BPJS gratis,” katanya.

Selain itu dari APBD Sumsel 2019 juga telah dianggarkan Rp1,6 miliar untuk dana pendataan dan verifikasi BPJS Gratis untuk Sumsel.

 Untuk itu pihaknya berharap Dinsos aktip menjemput bola untuk warga tidak mampu mendapatkan BPJS Kesehatan.

“ Kita minta pihak terkait mengupdate orang-orang yang sudah meninggal, dobel kartu PBI agar bisa tepat sasaran,” katanya.

Sebelumnya pihaknya mendapatkan informasi Badan Data Terpadu (BDT) Kemensos RI dimana selalu melakukan update data PKH, PBI.

“ Ini ternyata datanya tidak update dari Dinsos kabupaten kota seluruh Sumsel,” katanya.#osk

 

 

 

x

Jangan Lewatkan

Ibu-ibu Terharu Sambut Kedatangan Balon Bupati OI AW Noviadi-Ardani  

# Ilyas Tak Pernah Ke Desa, Tidak Ada Pembangunan!  Inderalaya, BP–Kaum ibu-ibu di Desa Payaraman Kecamatan Payaraman dan Desa Tambangrambang ...