Ultimate magazine theme for WordPress.

Kendaraan Di Larang Parkir, Jalan Sudirman Palembang Diblokade Pedagang

BP/IST
Ruas Jalan Sudirman, Kecamatan ilir Timur 1 Palembang, Sumatera Selatan, macet total akibat diblokade oleh pedagang, Rabu (9/1). Aksi blokade itu merupakan bentuk protes para pedagang di Jalan Jenderal Sudirman kepada pemerintah Kota Palembang soal adanya larangan parkir di jalan utama sejak Asian Games tahun lalu.

Palembang, BP

Ruas Jalan Sudirman, Kecamatan ilir Timur I Palembang, Sumatera Selatan, macet total akibat diblokade oleh pedagang, Rabu (9/1). Aksi blokade itu merupakan bentuk protes para pedagang di Jalan Jenderal Sudirman kepada pemerintah Kota Palembang soal adanya larangan parkir di jalan utama sejak Asian Games tahun lalu.

Akibatnya , lalu lintas lumpuh selama tiga puluh menit dan dibuka kembali usai kehadiran Polisi dan TNI di kawasan jantung kota itu

.

Sejak aturan tersebut diterapkan, para pedagang mengaku pedapatan dari hasil usaha di sepanjang ruko Jalan Jenderal Sudirman menurun drastis.

Karena resah pendapatan kian menurun, ratusan pedagang yang tergabung dalam Persatuan Pemilik Ruko, Pengguna dan Pelaku Usaha Jalan Sudirman Palembang, membentangkan tali dan berdiri di tengah jalan hingga akhirnya kemacetan pun terjadi.

Baca Juga:  Warga Serbu Pengobatan Gratis di Penutupan TMMD Ke 104 Kodim 0418 PalembangPalembang, BP

“Kami sudah mencoba melakukan mediasi, tapi tidak ada hasil. Surat sudah dilayangkan tapi tidak juga di jawab,” kata  Syahrial Ketua Persatuan Pemilik Ruko dan dan Pelaku Usaha yang juga pemilik ruko Marinda, Rabu (9/1).

Syahrial mengatakan terkait ulah oknum Dinas Perhubungan Kota Palembang yang dinilai anarkis oleh para pedagang, Ratusan Persatuan, Pemilik dan Pengguna, Pemakai Ruko dan Pelaku Usaha di kawasan Jendral Sudirman melakukan aksi pemblokiran jalan.

“Petugas Dishub, main angkut motor dan main gembok mobil seenaknya. Dilarang mereka malah ngamuk dan main cekek penggendara motor yang tidak mau motornya diangkut,” jelasnya.

Ditempat sama diutarakan Santi Pemilik ruko Optikal di kawasan Jendral Sudirman, juga meminta larangan parkir di sepajang jalan Jendral Sudirman di cabut.

Baca Juga:  Punti Kayu Angkat Konsep Ecotourism Punti Kayu Highland

 

“Jika ingin diberlakukan, berlakukan semua. Ini lihat saja masih dekat Masjid Agung ada yang parkir. Kenapa hanya bagian tertentu di Jalan Sudirman yang dilarang parkir,” katanya.

Sementara, Kapolresta Palembang, Kombes Pol Wahyu Bintono Harinawono menjelaskan bahwa, peraturan larangan parkir ini sebelum Asian Games sudah diberlakukan dan sampai sekarang masih tetap berlaku, nanti secepatnya akan dibincangi dengan Kepala Daerah.

“Saya akan coba bicarakan dengan pimpinan Kepala Daerah, semoga segera dicarikan solusinya. Tadi kita minta pedagang, membuka jalan karena menggangu arus lalulintas,” katanya.

Sedangkan Kadishub Palembang Kurniawan dalam siaran persnya mengatakan  terkait edaran pelarangan parkir di sepanjang jalan sudirman palembang, akan terus dilaksanakan.

Baca Juga:  Rumah Sugi di Bobol Maling

“Bahwa kebijakan pelarangan tersebut semata2 untuk kepentingan umum, dimana hal tsb bertujuan untuk mengurangi kemacetan di waktu2 tertentu. Pemerintah kota palembang telah menyiapkan solusi berupa titik kantong parkir di kawasan mesjid agung, kawasan internasional Plaza, dan halaman ex bioskop cineplex,”  katanya.

Selain itu pihaknya telah  menyiapkan  shuttle bus gratis untuk mengangkut pengunjung yang akan berbelanja di sepanjang jalan sudirman tersebut.

“Bahwa kebijakan pelarangan parkir di sepanjang jalan sudirman ini, dalam rangka persiapan pemberlakukan sistem ganjil genap di jalan tersebut pada bulan april mendatang, sesuai petunjuk dari kementerian perhubungan RI,”katanya.#osk

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...