36 Tahun Tumbuh dan Berkembang Bersama BRI

17

 

Salah satu dibitur BRI Lusi Siagian yang memperoleh penghargaan di hari ulang tahun BRI ke 123 di Palembang, Senin (17/12). BP/RENO

POTRET debitur Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Palembang ini menjadi bahasan yang menarik untuk dicermati terutama bagi kalangan pelaku usaha untuk terus gigih menjadi entrepreneur.

Tidak pernah berifikir akan mendapatkan hadiah, Lusi Siagian justru mendapatkan apresiasi tak terduga. Lusi mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award yang ditujukan kepada para debitur UMKM yang memiliki loyalitas tinggi.

“Kurang lebih sudah 36 tahun menjadi debitur sejak orangtua masih hidup, dan bersyukur bisa mendapatkan apresiasi ini,” terang Lusi dengan mata yang berkaca-kaca, mengenang kepergian orangtuanya, Senin (17/12).

Lusi sengaja diundang Bank BRI wilayah Palembang untuk menghadiri upacara peringatan hari ulang tahun perusahaan ke-123. Lusi dianggap telah tumbuh dan berkembang bersama dengan Bank BRI melalui usaha yang dirintis sejak orangtuanya masih hidup.

Lusi diketahui merintis usaha bersama keluarga dibidang kelistrikan dan mekanical. Sebagai debitur, dirinya merasa terlayani dengan baik dengan segala proses usaha yang dirintisnya bersama Bank BRI. Dirinya bahkan tidak segan-segan menyampaikan kiritikan, ketika dirasa ada yang kurang dalam pelayanan.

Dihadapan Pimpinan Wilayah BRI Palembang I Wayan Nasta, Lusi berharap mendapatkan layanan bank garansi yang lebih maksimal, agar usahanya dapat lebih baik tumbuh dan berkembang bersama BRI.

Hal ini direspon positif Pimpinan BRI Wilayah Palembang yang belum lama menjabat, bahkan menurutnya BRI bisa sampai berusia 123 ini karena terus memperbaiki layanan kepada nasabahnya.

“Ini merupakan bukti nyata keberadaan para debitur UMKM Bank BRI yang telah naik kelas di dalam segmen yang sama dan bahkan ke segmen yang lebih tinggi baik di BRI maupun di dunia usahanya,” kata I Wayan Nasta dihapan ratusan pegawainya.

Pimpinan Wilayah BRI Palembang I Wayan Nasta mengungkapkan rasa terimakasih perusahaan kepada salah satu debitur yang sudah lama tumbuh dan berkembang bersama BRI

Dikatakan dia, hal yang semacam ini justru menjadi motivisi pihaknya untuk mengetahui secara langsung apa yang menjadi kendala bagi nasabah, apalagi bagi UMKM yang salama lebih dari 36 tahun menjadi debitur.

Dia mengatakan sejak awal berdiri, Bank BRI konsisten fokus menggarap segmen UMKM di Indonesia. Kurang lebih 90% dari total jumlah debitur Bank BRI merupakan debitur UMKM. Lifetime AchievementAward merupakan program penghargaan yang dilakukan secara nasional.

Menurutnya, program ini akan menjadi ajang penghargaan rutin di tahun-tahun berikutnya. Pada wilayah Palembang tahun ini terpilih tiga debitur UMKM terbaik di Kantor Wilayah BRI PaIembang, yaitu PT Makro Jaya Lestari, Debitur Kanca Pangkal Pinang, PT Ramdav, Debitur Kanca Palembang Riva’I, Elpisina, Debitur Kanca Muara Bulian

“Diharapkan melalui penghargaan ini, para debitur UMKM dapat semakin tergugah semangatnya untuk terus mengembangkan usaha dan juga tumbuh Bersama dengan Bank BRI,” katanya.

Dia megatakan, semoga penghargaan yang diberikan Bank BRI dapat semakin menumbuhkan semangat para debitur untuk tumbuh dan semakin mengembangkan usahanya sehingga dapat terus berkontribusi mengembangkan sektor UMKM di Indonesia.

Berbagai nasabah debitur UMKM Bank BRI yang saat ini berhasil naik kelas sebelumnya merupakan para debitur mikro dengan plafon pinjaman satu hingga dua juta rupiah saat itu. Selanjutnya, peningkatan kelas debitur UMKM ini tidak hanya dapat dilihat dari besaran modal dan omset usahanya.

“Banyak juga diantara mereka yang pada awalnya merupakan usaha perorangan, namun sekarang telah berbadan hukum,” katanya.

Lifetime Achievement Award merupakan program penghargaan yang dilakukan secara nasional. Direncanakan program ini akan menjadi ajang penghargaan rutin di tahun-tahun berikutnya. Dari hasil seleksi, terpilih tiga debitur UMKM terbaik di masing-masing wilayah.

Saat ini, Bank BRI memiliki 19 Kantor Wilayah mulai dari Aceh hingga Papua. Selain sebagai pemenang di tingkat wilayah, terdapat lima debitur diantaranya yang berhak menyandang predikat sebagai pemenang tingkat nasional.

“Para debitur pemenang ini memiliki Beragam jenis usaha diantaranya eksportir lada, dagang janggelan, industri pengolahan kayu jati dan jasa angkutan laut” jelas dia.

Bank BRI merupakan bank terbesar di segmen UMKM yang telah bertransformasi ke digital banking untuk mendukung kebutuhan bisnis nasabahnya.

Bank BRI menjadi satu-satunya perusahaan di dunia di bidang perbankan yang memiliki satelit dan mengoperasikannya sendiri untuk memberikan layanan secara merata di seluruh Indonesia. Bank BRI saat ini telah memiliki lebih dari 9.700 Unit Kerja real time online dan lebih dari 330.000 e-chanel yang tersebar diseluruh Indonesia. #reno saputra