Ultimate magazine theme for WordPress.

Kawasan Sekanak Kerihin di Sosialisasikan

BP/IST
Berbagai tokoh sejarah mulai dosen (akademisi),mahasiswa , para anggota komunitas Sejarah, dan berbagai tokoh pemerintah mulai tingkat RT-RW, lurah, kecamatan, hingga tingkat Pemkot memenuhi museum SMB II Palembang di lantai atas dalam rangka sosialisasi, kawasan Sekanak kerihin, Selasa (11/12).

Palembang, BP

Kawasan Sekanak Kerihin (tempo dulu) adalah kawasan yang berada di Jalan Depaten hingga Jalan Gede Ing Suro sampai dengan sungai Sekanak. Kawasan ini mempunyai nilai sejarah berupa peninggalan mulai era Kerajaan Palembang Darussalam hingga era Kolonial Belanda. Banyak bangunan tua yang berusia lebih dari 50 tahun. Hampir 75 persen bangunan di kawasan ini adalah bangunan lama. Seperti, Pasar Sekanak yang dibangun di tahun 1822. Kemudian, ada bioskop tertua di Palembang, yaitu Bioskop Rex. Ada juga gedung kantor Van Jacobson Van Den Berg & Co yang berada di Simpang Sekanak. Kemudian, Gudang Oeng Boen Tjit, Gudang Rokok Commodore, dan masih banyak lagi.

Berbagai tokoh sejarah mulai dosen (akademisi),mahasiswa , para anggota komunitas Sejarah, dan berbagai tokoh pemerintah mulai tingkat RT-RW, lurah, kecamatan, hingga tingkat Pemkot memenuhi museum SMB II Palembang  di lantai atas dalam rangka sosialisasi, kawasan Sekanak kerihin, Selasa (11/12).

Baca Juga:  Surat Cinta Buat Bu Menteri Dari  Sako Suban

      Dalam kegiatan tersebut banyak tokoh masyarakat, berbagai kalangan  dikawasan Sekanak yang diundang terkait sosialisasi kawasan Sekanak kerihin ini

Menurut  Plt Kepala Dinas Kebudayaan kota Palembang Siti Emma Sumiatul S.Sos Msi berharap dengan kegiatan ini  budaya di kota Palembang semakin dilestarikan dan berkembang.

Turut hadir kalangan akademisi diantaranya  Dr Hudaidah dan  Dr Lr Retno Susanti Msi

Dalam sambutannya Kasi Sejarah Dinas Kebudayaan Kota Palembang Iman Setiawan Mansetha mengatakan, bahwasanya baru di akhir tahun 2018 ini Sekanak kerihin ini dapat terealisasi dan tersosialisasi walaupun perwali nya sudah keluar di tahun 2017 yang lalu.

Baca Juga:  Ishak Mekki Buka Bersama PT BA dan Masyarakat

Sekanak sebagai salah satu kawasan kota tua di Palembang di mulai sejak zaman kesultanan Palembang Darussalam, masa penjajahan Belanda, masa kemerdekaan, hingga kini yang senantiasa menyimpan makna tersendiri di setiap masanya

“ Kita berharap Sekanak Kerihin menjadi salah satu tujuan wisata di kota Palembang ini,” katanya.

Berbagai pertanyaan dan saran silih berganti berdatangan dalam diskusi tersebut dari berbagai unsur undangan yang hadir guna terwujudnya Sekanak kerihin yang terbaik untuk kota Palembang Emas Darussalam.

Berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sekanak Kerihin seperti dalam pasal 2 berbunyi “ Dengan peraturan Walikota ini, Sekanak Kerihin ditetapkan sebagai kawasan yang dilindungi dan dilestarikan sesuai ketentuan perundang-undangan.”

Baca Juga:  Dunia Digital Buat Bisnis Makin Mudah dan Murah

Poin di dalam pasal tersebut tentunya upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melestarikan bangunan-bangunan yang ada di kawasan Sekanak Kerihin, diharapkan dapat terus memperdayakan potensi cagar budaya yang dimiliki dengan mengelola dengan baik agar tetap lestari keberadaannya dan dapat dimanfaatkan. Generasi penerus dapat mengetahui nilai-nilai sejarah yang ada dikawasan Sekanak Kerihin tersebut. Dapat dimanfaatkan untuk sarana pengetahuan bagi pendidikan, sejarah dan kebudayaan.

Latar belakang dikeluarkan Perwali tersebut menurutnya mengacu pada ketentuan umum Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 Tentang Cagar Budaya yang mengandung pemanfaatan perihal cagar budaya seperti dalam Pasal 97 Ayat 1 yaitu: “Pemerintah dan pemerintah Daerah memfasilitasi pengelolaan Kawasan Cagar Budaya”.#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...