2019, Anggaran Kebudayaan Sumsel Capai 70 Persen

3

BP/IST
Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan (Sumsel), MA Gantada

Palembang, BP

Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan (Sumsel), MA Gantada memastikan porsi anggaran pada tahun depan untuk bidang kebudayaan itu sekitar 70 persen, sedangkan pariwisata 30 persen.

“ Karena nanti untuk kegiatan di bidang pariwisata itu nantinya bisa bekerja sama dengan pihak lain dalam mengembangkannya, jadi tidak meluluh dibebankan pada anggaran APBD,” kata politisi PDI Perjuangan Sumsel ini, Jumat (30/11).

Baca:  Singkronisasi Pengurangan Anggaran

Menurutnya , Program pariwisata itu bisa saja bekerja sama dengan pihak ketiga misalnya untuk wisata kuliner, maka pihak ketiga menyiapkan.

Sedangkan untuk bidang budaya harus melakukan pemeliharaan sehingga memerlukan biaya yang agak besar.

“Seperti pemeliharaan cagar-cagar budaya itu memerlukan biaya yang besar, karena itu anggarannya pada 2019 nanti lebih besar,” katanya tanpa merinci besar anggarannya.

Baca:  Anggaran Pilkada Serentak Sumsel Capai Rp600 Miliar

Sebelumnya menurut Gantada, tahun 2018 anggaran bidang pariwisata cukup besar, karena banyak kegiatan besar yang digelar di Sumsel seperti Asian Games dan even internasional lainnya.

“Apalagi kemarin banyak program-program pariwisata yang digelar dan tentunya fasilitasnya juga internasional,” katanya.

Karena itu menurutnya, untuk kegiatan-kegiatan pariwisata di Sumsel pada tahun depan nantinya meminta bantuan dari anggaran APBN.#osk

Baca:  KPU Sumsel Tanggung Anggaran Test Kesehatan Bapaslon Kepala Daerah Capai Rp 1 Miliar