Fraksi PAN DPRD Sumsel Ingatkan Soal Bahaya Banjir dan Longsor di Sumsel

5

BP/IST-Mardiansyah

Palembang, BP

Sekretaris  Fraksi PAN DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) , Mardiansyah SHI MH mengingatkan kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan pemerintah kabupaten kota bahwa di awal Bulan November 2018 Wilayah Sumatera Selatan memasuki musim hujan.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan diminta untuk mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah terhadap akibat buruk dari potensi banjir dan longsor,”katanya, MInggu (18/11).

Baca:  BPBD Sumsel Antisipasi Banjir dan Longsor

Dia mencontohkan misalnya, pembuatan dan dan pembersihan drainase, pemeliharaan, perbaikan dan normalisasi aliran sungai,  melakukan sosialisasi dan pelatihan prosedur pencegahan, penanggulangan dan penanganan banjir,  penyuluhan pembuatan kolam retensi dan sumur resapan di sekitar pemukiman rawan terdampak bencana banjir,  Pembentukan posko banjir disetiap RT/RW pada daerah rawan banjir dan lain-lain.

“ Kami mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk membangun ruang terbuka hijau. Ruang terbuka hijau memiliki fungsi ekologi,” katanya.

Baca:  15 Hektar Lahan Sawah di Sumsel Terendam Banjir

Menurutnya,   RTH merupakan paru-paru kota atau wilayah. Tumbuhan tanaman hijau dapat menyerap kadar karbondioksida (002), menambah oksigen, menurunkan suhu dengan keteduhan dan kesejukan tanaman, menjadi area resapan air serta meredam kebisingan. #osk