Petakan Daerah Rawan Bencana

7

BP/IST
Suasana Gubernur Sumsel Herman Deru saat di wawancarai wartawan usai membuka acara Deklarasi dan Diskusi Publik Tim Pembela Jokowi Sumsel digelar di Selebrity Cafe, Minggu (21/10).

Palembang, BP

 

Terkait banjir di kota Palembang  Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) , Herman Deru mengatakan, sudah melakukan koordinasi.

Saat ini masih dalam tahap memetakan wilayah rawan bencana, daerah-daerah mana saja yang biasanya terkena bencana.

Seperti di Kota Palembang yang merupakan langganan banjir, OKU, OKI, dan OKU Selatan serta OKU Timur yang juga merupakan daerah langganan banjir, tanah longsor dan sebagainya.

Selain itu juga Muratara dan Musirawas yang setiap tahun selalu terkena bencana serupa.

Baca:  Dandrem 044 Gapo Ikuti Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana

“Kami sudah lakukan koordinasi. Saat ini masih dalam tahap memetakan wilayah rawan bencana. Daerah-daerah mana saja yang biasanya terkena bencana,” kata Gubernur Sumsel Herman Deru, Selasa (13/11).

Seperti di Kota Palembang yang merupakan langganan banjir, OKU, OKI, dan OKU Selatab serta OKU Timur yang juga merupakan daerah langganan banjir, tanah longsor dan sebagainya.

Selain itu juga Muratara dan Musirawas yang setiap tahun selalu terkena bencana serupa.

Baca:  Sepanjang 2018 Terjadi 176  Bencana Ekologis di Sumsel

“Kita akan rapatkan kembali masalah ini dengan instansi terkait. Selain pemetaan juga akan segera dilakukan upaya dan langkah penanganan.”

“Dari situ, rencananya pekan depan akan kita terapkan status siaga bencana hidrometeorologi, termasuk banjir dan longsor,” katanya.

Hidrometeorologi merupakan bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca seperti banjir, longsor dan puting beliung.

Adapun sebagai tahapan penanganan, yang dilakukan pihaknya sudah mengintruksikan semua intansi untuk menyiagakan alat berat di lokasi rawan bencana.

Baca:  Disdik Palembang Bakal Jadikan SMPN 19 Sekolah Percontohan Khusus

Selain itu juga menyiapkan sarana dan fasilitas yang membantu dalam upaya penanganan bencana seperti perahu karet dan sebagainya.

Kemudian untuk langkah selanjutnya, pihaknya pun telah meminta instansi untuk segera mengucurkan bantuan seperti logistik, makanan dan sebagainya untuk korban terdampak bencana.

“Kita pun sudah meminta kepada pemerintah Kabupaten dan Kota untuk melakukan hal serupa, siaga dalam antisipasi bencana ini,” katanya.#osk