Kerahkan Pesawat ‘Piper Cayenne’ Untuk Hujan Buatan di Sumsel

10

Pesawat piper ceyenne yang dikerahkan BPPT saat tiba di Palembang, Kamis (30/8).

Palembang, BP–Untuk memperkuat dukungan hujan buatan dalam rangka pengamanan Asian Games yang tengah berlangsung di Kota Palembang dari bencana asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), BPPT menyiapkan tambahan pesawat piper ceyenne untuk hujan buatan di Sumatera Selatan.

Kepala Bidang Pelayanan Teknologi, Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT Sutrisno mengatakan, pesawat tersebut saat ini sudah tiba di Kota Palembang. Pesawat piper ceyenne adalah pesawat milik BB-TMC, BPPT yang dioperasikan oleh OC91 BB-TMC, BPPT. “Hari ini (kemarin-red) pesawat itu baru tiba di Palembang,” kata Sutrisno, Kamis (30/8).

Baca:  Banyak Perkebunan Tak Milili Pemadam Karhutla Standar

Dijelaskan dia, pesawat itu berbeda dengan pesawat Cassa 212-200 yang menggunakan bahan semai powder NaCl dan bahan semai ditaburkan ke dalam awan atau atas awan.

“Kalau pesawat piper ceyenne menggunakan bahan semai flare dan terbang di bawah dasar awan, bahan semai akan masuk ke dalam awan karena proses updraft awan tersebut,” jelasnya.

Baca:  Titik Api di Sumsel Masih Fluktuatif

Dia juga menambahkan, pesawat hujan buatan piper ceyenne ini sering digunakan pihaknya untuk hujan buatan dalam rangka mengisi danau Matano dan Towuti, DAS Larona, Sorowako, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Kita akan gunakan pesawat piper ceyenne karena pesawat ini jangkauannya lebih luas,” tutupnya. #rio