PPKD Kota Palembang Resmi Diserahkan Ke Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI

5

BP/IST
Penyerahan pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD) kota Palembang, dilakukan Dinas kebudayaan Kota Palembang dipimpin Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Ir H Sudiman Tegoeh yang menyerahkan langsung PPKD kota Palembang kepada Sekretaris Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Dra.Sri Hartini,M.Si di Jakarta, Kamis (23/8).

Palembang, BP

Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah ini merupakan tindaklanjut dari Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Undang-undang tersebut mengamanahkan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Kebudayaan telah bekerja dan menghimpun segala potensi dan telah menghasilkan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kota Palembang.

Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah ini selanjutnya akan menjadi bahan pemerintah pusat dalam menyusun Strategi Kebudayaan Nasional.

Penyerahan pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD) kota Palembang, resmi dilakukan Dinas kebudayaan Kota Palembang dipimpin Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Ir H Sudiman Tegoeh yang menyerahkan langsung PPKD kota Palembang kepada Sekretaris Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Dra.Sri Hartini,M.Si di Jakarta, Kamis (23/8).

Baca:  Jalan Masuk Komplek Liverpool II Rusak dan Berlubang

Dalam acara tersebut turut hadir Sekretaris Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Dra.Sri Hartini,M.Si, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Ir H Sudiman Tegoeh didampingi staf dan Wanda Lesmana, Penggiat Budaya Dirjen Kebudayaan RI.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Ir H Sudiman Tegoeh mengatakan, penyerahan PPKD kota Palembang tersebut merupakan karya Pemkot Palembang didalam menindak lanjuti UU No.5 thn 2017 dalam rangka pondasi perencanaan kebudayaan daerah.

Baca:  Wawako Palembang Teringat Janji Realisasikan Sekretariat DKP

“PPKD ini dibuat berdasarkan hasil pemikiran bersama antara Pemerintah Kota Palembang, seniman, budayawan, akdemisi, prakitisi, tokoh masyarakat dan pihak-pihak terkait dan merupakan landasan dan acuan kebutuhan daerah dalam bidang kebudayaan arti luas,” kata Sudirman.

Dan Sekretaris Ditjen kebudayaan RI menurutnya, sangat memberikan apresiasi yg tinggi kepada Dinas Kebudayaan Kota Palembang yang bekerja cepat.

Sedangkan Wanda Lesmana, Penggiat Budaya Dirjen Kebudayaan RI mengatakan, Inti acara tersebut , penyerahan Pokok Pikiran kebudayaan Daerah Kota Palembang dalam upaya Sosialisasi dan tindak lanjut UU No.5 tahun 2017 tentang permajuan kebudayaan.

Baca:  Ketika Fakta Perang Lima Hari Lima Malam Di Palembang Menyimpang

Menurutnya, PPKD disusun oleh para stekholder di Pemkot Palembang bersama seniman dan budayawan terkait tentang permajuan kebudayaan tersebut yaitu Manuskrip, Tradisi lisan, Permainan rakyat, Olahraga tradisional , Pengetahuan tradisional, Ritus , Seni, Bahasa, Adat istiadat, Teknologi tradisional dan Cagar budaya.

“PPKD adalah acuan dalam penyusunan pokok pikiran kebudayaan di daerah serta anggaran baik di pusat maupun di daerah. Dan menjadi bahan untuk kongres kebudayaan 20 Desember 2018 di Solo,” katanya.#osk