DPT Berpatokan Sidalih

8

BP/IST
Ketua KPU Sumsel Aspahani

Palembang, BP
Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Daerah diperbolehkan menetapkan secara manual, namun KPU Sumatera Selatan (Sumsel) mengingatkan untuk tetap berpatokan pada Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih).
“Kalaupun Sidalih bermasalah, bisa ditetapkan manual. Namun pada saat ditetapkan dia harus selesai untuk diputuskan secara nasional,” kata  Ketua KPU Sumsel  Aspahani , Kamis (23/8).
Dikatakan Aspahani, saat ini penetapan DPT masih di tingkat kabupaten/kota. Tinggal lagi mensinkronkannya dengan Sidalih.
“Apakah sama dengan web di tingkat nasional,” ujarnya.
Setelah dijumlahkan DPT Pemilu 2019 untuk pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) sebanyak 5.818.779 pemilih.
Angka itu naik sebesar 162.146 pemilih, dari DPT Pilgub Sumsel 2018 yang mencapai 5.656.633.
Namun sebelum menjadi DPT Pemilu 2019 untuk Sumsel, KPUD Provinsi Sumsel masih harus melakukan rapat pleno rekapitulasi penetapan DPT 2019.
“Sesuai tahapannya, rapat plenonya sekitar tanggal 28-31 Agustus 2018. Kita rekap semua hasil penetapan DPT oleh 17 kabupaten/ kota,” jelas Aspahani.
Pada prinsipnya, angka DPT yang sudah ditetapkan daerah tidak akan berubah atau fix.
“Kecuali jika nanti ada rekomendasi Bawaslu Kabupaten/ Kota menge nai DPT yang dianggap belum valid, maka akan diverifikasi kembali. Ini yang bisa buat berubah nanti. Jika tidak ada sanggahan, maka angka yang ada kita tetapkan,” ujarnya.
Untuk pemilih non e-KTP, Aspahani yakin tidak akan banyak lagi.
“Karena kan pemilih non e-KTP sudah diakomodir dalam DPT tambahan (DPTb) Pilgub Sumsel 2018 lalu. Kita akomodir lagi data terakhir itu,” katanya.
Kalaupun ada, jumlahnya sangat kecil di bawah 20 ribu. Demikian juga untuk pemilih pemula yang baru masuk usia 17 tahun pun sudah diakomodir di DPS (daftar pemilih sementara) terakhir.
“Kalaupun nanti ada pemilih non e-KTP maupun pemula yang belum masuk DPT hingga Pemilu 2019 berlangsung, mereka akan masuk di DPTb dan tetap bisa menyalurkan hak pilihnya,” katanya.#osk

Baca:  Cermati Perpanjangan Penetapan DPT Pemilu 2019