Ultimate magazine theme for WordPress.

Aksi Pungli Harimau Jalanan Diduga Dibekingi Polisi

Sejumlah pria diduga preman terjaring razia aparat. BP/HAFIDZ TRIJATNIKA

Palembang, BP–Aksi pungli kelompok yang mengatasnamakan Harimau Jalanan disebut dibekingi oknum anggota polisi berpangkat Aipda berinisial E yang berdinas di Polda Sumsel.

      Dugaan keterlibatan oknum aparat itu terungkap setelah Yongki Saputra (22) dan Doni Afanda (23) terjaring razia preman yang digelar Subdit III/Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel, Minggu (19/8).

Kasubdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Yoga Baskara mengatakan, dari 27 orang yang diamankan, lima diantaranya merupakan pelaku pungutan liar (pungli) yang sering beraksi di kawasan Kramasan, Palembang.

Baca Juga:  Meresahkan Masyarakat, Belasan Preman Ditangkap

“Lima orang ini terdiri dari dua kelompok.  Kelompok pertama mengatasnamakan dirinya SBN 2 milik Subhan (buron) dengan tiga tersangka yakni Tohariansyah (36), Angga (19) dan RA (15),” ujar Yoga, Senin (20/8).

Dari kedua kelompok tersebut polisi menyita barang bukti berupa buku mutasi catatan nama sopir yang menyetor pungli serta karcis berlogo SBN 2 dan Harimau Jalanan.

“Modus mereka yakni langsung meminta kepada sopir truk. Kalau tidak dikasih, mobilnya dilempar batu. Untuk dugaan adanya keterlibatan oknum anggota polisi akan diselidiki Propam Polda,” ujarnya.

Baca Juga:  Preman Pasar dan Terminal Diamankan

Sementara itu Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, pihaknya tidak akan segan memberikan sanksi tegas dan memproses hukum oknum anggota polisi yang terlibat dalam aksi pungli.

“Apalagi kalau barang buktinya ada buku mutasi dan tiket. Itu sudah terstruktur, masif, dan sistemik. Tentu akan saya sikat oknum anggota yang terlibat apalagi membekingi pungli seperti itu,” ujarnya.

Kapolda berujar, dirinya akan segera berkoordinasi dengan Ditreskrimum dan Bidang Propam Polda Sumsel untuk menyelidiki dugaan keterlibatan dalam aksi pungli yang meresahkan masyarakat tersebut.

Baca Juga:  Delapan Preman Dihukum 'Push-Up'

Selain lima tersangka pungli, dalam razia premanisme dalam rangka pengamanan Asian Games 2018 ini polisi juga menangkap seorang yang membawa senjata tajam dan pelaku penyalahgunaan narkoba dalam razia yang diselenggarakan di kawasan Kapten Abidin Plaju, Jalan Ahmad Yani, Jalan Mayjend Singadikane Kertapati, Jalan Ki Merogan, dan Jalan Wahid Hasyim. #idz

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...