LRT Sumsel Jadi Trend Budaya Angkutan Publik Terbaru Di Sumsel

3

BP/IST
Suasana acara sosialisasi pembangunan Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan (Sumsel) untuk generasi milenial Sumatera Selatan, Hotel Horison Ultima Palembang, Selasa (31/7)

# Mulai Buka Pukul 04.00-23.00

Palembang, BP
Kepala Balai Tehnik Perkeretaapian Wilayah Sumbagsel, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Bernadette E.S Mayashanti mengatakan, jam operasional Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan (Sumsel) di mulai dari 04 .00 sampai dengan 23.00 , dengan kenyamanan dan keamanaan terpadu membuat LRT sangat layak di jadikan trend dan budaya angkutan publik terbaru di Sumsel, Selasa (31/7).
Sebagai rumah pesta olah raga internasional, pengerjaan pembangun Light Rail Transit (LRT) jelang Asian Games 2018 di Kota Palembang ini terus dikebut.
“Yang kita maksudkan budaya Baru ini seperti budaya antri, budaya dengan tidak memakai uang cash dan budaya memakai angkutan umum public,” katanya saat acara sosialisasi pembangunan Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan (Sumsel) untuk generasi milenial Sumatera Selatan, Hotel Horison Ultima Palembang, Selasa (31/7).
Menurutnya setelah Asian Games 2018, pihaknya akan membuat BLU Badan Layanan Umum, khusus pengelolaan LRT yang akan direncanakan Medan, Makasar, Bandung, Surabaya.
Sementara terkait LRT yang ada di Kota Palembang sendiri, Bernadette menegaskan tinggal satu langkah lagi dan tetap akan beroperasinal semestinya terlebih lagi dalam perhelatan Asian Games.” Tinggal menunggu finishing saja, dan memang telah mencapai 90-98 persen LRT di Kota Palembang.
“Untuk Asian Games kita mengusahakan 13 stasiun, namun sejauh ini baru 6 stasiun, kita juga masih menunggu proses pengujian, kemudian memang masih ada yang belum datang,” katanya.
Sementara itu, Kasi Lalu Lintas Sarana dan Keselamatan Balai Teknik Perkretaapian Sumbagsel, Iskandar, mengatakan Untuk tiket LRT pihaknya menggunakan E Cash Card dari Bank – bank yang sudah mengeluarkan kartu tap cash dan bisa juga langsung membeli dengan uang tunai di loket – loket yang ada di stasiun LRT.
“Untuk menyambut asian Games ada 6 stasiun besar yang bisa kita pastikan beroperasi yakni Bandara SMB II, Bumi Sriwijaya, Cinde, Ampera , Jakabaring dan DJKA,” katanya.
Presiden Mahasiswa Stihpada Palembang Anjas Asmara mengatakan, Dengan adanya sosialisasi LRT bagi generasi millenial, sebagai mahasiswa dirinya merasa sangat senang, karena dengan adanya sosialisasi seperti ini dirinya dapat tahu bahwa pemerintah Sumsel mempunyai pembangunan pantastis yang satu satunya ada di Kota Palembang.
“Dengan adanya kebijakan yang baru ini sebagai mahasiswa kami senang adanya LRT, Karena keunggulannya bisa meminimalisir kemacetan di kota palembang,”katanya.
Dirinya mengungkapkan kegiatan sosialisasi seperti ini tidak stop sampai disini saja dan nantinya akan disosialisasikannya kepada masyarakat.
” Pertama kami terlebih dahulu akan sosialisasinya kesesama mahasiswa kemudian setelah itu kami akan sosialisasi kemasyarakat terutama kepada keluarga,” katanya.#osk

Baca:  Pemprov Sumsel Terbuka Dengan Usulan Masyarakat Terkait Penamaan Stasiun LRT