Satgas Karhutbunla Berhasil Padamkam Kebakaran Lahan Di Tujuh Kecamatan

8

BP/IST
Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) Sumsel mengerahkan Tim Satgas Karhutbunla ke beberapa titik api yang berada di tujuh Kecamatan di wilayah Kabupaten OKI dan OI yang mengalami kebakaran lahan dan kebun.

Palembang, BP

Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) Sumsel mengerahkan Tim Satgas Karhutbunla ke beberapa titik api yang berada di tujuh Kecamatan di wilayah Kabupaten OKI dan OI yang mengalami kebakaran lahan dan kebun.
“Sampai dengan hari ini, sebanyak delapan lokasi Karhutbunla berhasil dipadamkan melalui pemadaman darat”, kata Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Septiyanizar, S.I.P, Sabtu (28/7).
Berdasarkan data yang dihimpun terdapat total delapan Desa yang berada di tujuh Kecamatan yang mengalami kebakaran, yang berada di wilayah Kabupaten OKI dan Kabupaten OI.
Masing-masing kedelapan desa itu adalah Desa. Siring Alam, Kec. Tanjung Raja, Kab. Ogan Ilir (OI), seluas kurang lebih 5 hektare, Desa Sukaraja, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten OI, seluas 1 hektare, Desa. Ibul Besar I, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten OI, seluas kurang lebih 8 hektare, Desa. Tanjung Seteko, Kecamatan Indralaya Induk, Kabupaten OI, seluas 300 meter persegi, Desa Lebak Deling, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten. OKI, seluas kurang lebih 1/4 hektare, Desa. Pulau Semambu, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten OI, dengan luas 2 hektare, Desa. Batun, Kecamatan Jejawi, Kabupaten OKI, seluas 0,5 hektar dan Desa. Mega Terang, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten OKI.

Baca:  Sepeda Motor Terbakar di Areal SPBU di Palembang

Satgas Kodim 0402/OKI, Detasemen C Satgas Darat Karhutbunla dan Satgas kerangka serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Daerah juga telah ikut mendukung pemadaman melalui darat.
Sampai dengan saat ini Satgas Karhutbunla bersama pihak yang terlibat terus berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan pemadaman.
Selain itu, Satgas Karhutbunla yang terdiri dari Manggala Agni (KLHK) bersama TNI, Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan tim terpadu lainnya juga, berjibaku mengantisipasi meluasnya areal karhutbula.
Selain pemadaman, Satgas Karhutbunla juga terus melakukan pemantauan terhadap munculnya titik api (Ground Check Hotspot) yang dapat berpotensi menimbulkan kebakaran hutan, kebun dan lahan.
Dalam rangka mensukseskan perhelatan olahraga tingkat Asia di Kota Palembang yaitu Asian Games XVIII Tahun 2018 yang sebentar lagi akan digelar, Satuan tugas (Satgas) Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) Provinsi Sumsel terus berupaya untuk menciptakan Sumsel Zero Asap.#osk

Baca:  Kebakaran di TK Pertiwi II