Cegah Karhutla, Satgas Karhutla Sumsel Prioritaskan 56 Desa

9

BP/IST
Kol Inf Iman Budiman SE Dansatgas Karhutla Sumsel didampingi Wakil Bidang Teknis H Yulizar Dinoto, SH dan H Iriansyah, SSos, SKM, MKes, dan Kompol Tri Wahyudi dari Polda Sumsel memimpin Rakor Satgas Karhutla di Sumsel, Selasa (17/7)

Palembang, BP–Komandan Satgas Karhutla Sumsel Kol Inf Iman Budiman, SE mengingatkan,  tiga hari lagi sudah memasuki siaga merah.
“Mekanisme seperti Ini belum pernah dilakuan. Dalam perintah operasi Satgas yang disampaikan pada bulan April sudah dipetakan tentang kondisi-kondisi siaga.” Ada siaga hijau, siaga kuning, maupun siaga merah. Siaga merah itu dirancang waktunya sesuai dengan kaitan dengan Asian Games. 20 Juli hingga 5 September durasi siaga merah,” kata Kol Inf Iman Budiman SE Dansatgas Karhutla Sumsel didampingi Wakil Bidang Teknis H Yulizar Dinoto, SH dan H Iriansyah ,SSos, SKM, MKes, dan Kompol Tri Wahyudi dari Polda Sumsel memimpin Rakor Satgas Karhutla di Sumsel, Selasa (17/7).
Dijelaskan Iman, semua pengerahan, strategi operasi diterapkan di sana dengan titik-titik berat.
Idealnya ada 60 tim terdiri dari Satgas gabungan sebanyak 10 orang yang terdiri dari angkatan darat 4-5 orang.
Ada satuan tugas penegakan hukum di situ, ada manggala agni di dalamnya sebagai pasukan pengintai depan yang akan berputar melindungi daerah-daerah kolam yang tercatat spot desa yang paling rawan.
“Ada 56 desa prioritas, operasi mereka satu tim itu bisa dua kecamatan. Idealnya ada dua tim yang bergerak tiap harinya. 1 X 24 jam mereka berputar kurang lebih 200-an km, mensosialisasikan sambil mencari bahan kontak mengikuti kegiatan masyarakat di sana mulai bangun paginya dan mereka betul-betul tidur di hutan, tahu persis situasi di wilayah itu terjadi,” kata Iman yang juga Danrem 044/Gapo.
Yang lainnya operasi imbangan dilakukan Kodim-Kodim lain. Ini Kodim OKI, OI dan Banyuasin. Itu spot yang 56 yang mengarah ke Palembang, mengganggu Asian Games.
“Dari pada saat siaga kuning kita melakukan patroli. Kita melihat tumpukan di dalamnya ada cara teknik membakar yang kebetulan tidak terbakar. Sekarang masih siaga kuning 15 Mei sampai 20 Juli. Siaga hijau sejak januari hingga 15 Mei,” katanya.#adv