Ultimate magazine theme for WordPress.

Nono Sampono: Pancasila Kunci Membangun Bangsa

Nono Sampono

Jakarta, BP–Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono menegaskan, Pancasila merupakan kunci untuk membangun bangsa. Tidak mungkin Indonesia bisa membangun tanpa ideologi Pancasila. Perbedaan dan keragaman suku, bahasa dan agama merupakan kekayaan yang mesti dipelihara.

“Jadi tidak mungkin  ideologi lain seperti Khilafah dibiarkan di indonesia. Orang Ambon, Manado, Papua dan Batak tidak akan setuju yang pada gilirannya bisa menimbulkan kekacauan. Dengan demikian  ideologi  Pancasila mesti dipertahankan dan terbukti bisa mempersatukan rakyat dari keanekaragaman suku, bahasa dan agama,” ujar  Nono di Universitas Negeri Jakarta, Selasa (3/7) dalam acara Sosialisasi Empat Pilar bagi ratusan mahasiswa.

Baca Juga:  Ketua DPR: Pertemuan Sidang IPPP Sangat Fundamental

Menurut Nono, pembahasan soal identitas seseorang  hendaknya dihentikan, karena sejak puluhan tahun lalu para pendiri bangsa ini sudah sepakat untuk tidak mempersoalkannya. “Kalau kita masih bicara identitas, berarti kita mundur lagi. Padahal itu sudah selesai,” jelasnya.

Dikatakan, saat ini Indonesia menghadapi ancaman liberalisme dan fundamentalisme sebagai salah satu ekses negatif dari reformasi. Sebab, fundamentalisme dapat menghasilkan radikalisme atau terorisme. Sedangkan liberalisme dapat memunculkan budaya kebarat-baratan. “Di era reformasi semua bergerak bebas, sepeti liberalisme ekonomi,” tambah  Nono.

Baca Juga:  Developer Ingkar Janji Perbaiki Jalan Rusak

Dia berharap   seluruh rakyat Indonesia  selalu berpedoman pada nilai-nilai Pancasila untuk  menangkal ancaman tersebut. Nono juga  menyayangkan konten  dalam media, terutama televisi, karena tidak mendapatkan porsi nilai budaya  lagi. Padahal, media berpengaruh besar  membentuk masyarakat.

“Pendidikan dan budaya minim mendapatkan porsi. Yang mendominasi tayangan  sensasional yang bertentangan dengan  budaya Indonesia,” tuurnya.

Baca Juga:  Fadli Zon Berjuang Mempansuskan TKA

 Nono menambahkan,  budaya mempunyai nilai penting bagi sebuah bangsa serta  merupakan pondasi dasar bagi keberadaan bangsa. Oleh karena itu,  seluruh masyarakat tidak boleh melupakan budaya Indonesia. #duk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...