PLTS Terbesar Pertama di Sumatera Resmi Beroperasi

15

PLTS-Gubernur Alex Noerdin berkeliling melihat PLTS berkapasitas 2 Megawatt di kawasan JSC Palembang, Sabtu (30/6).

Palembang, BP — Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 2 Megawatt (MW) yang merupakan kerja sama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) dengan PT Sharp Corporation Jepang di kawasan Jakabaring Sport City Palembang resmi mulai beroperasi.

Peresmian PLTS tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin bersama Direktur Utama PDPDE Sumsel Arief Kadarsyah dan Sharp Corporation Sato Tat Suya, di kawasan JSC Palembang, Sabtu (30/6).

Pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan yakni energi yang bersumber dari matahari ini selain untuk mencanangkan Green Sport City, juga untuk mendukung event olahraga international Asian Games Agustus 2018.

Baca:  Gubernur Konsisten Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Sumsel 

PLTS 2 MW Jakabaring mendapat subsidi berupa CO2 credit dari Pemerintah Jepang maksimum 50 persen untuk pengembangan biaya engineering, procurement and construction (EPC) dengan pengembalian emisi gas karbon yang dihasilkan PLTS kepada Pemerintah Jepang selama 17 tahun. PLTS 2MW Jakabaring dibangun dengan skema Independence Power Producer (IPP) dengan PT PLN (Persero) dengan kontrak PPA selama 20 tahun.

Gubernur Alex Noerdin percaya pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan dengan memanfaatkan energi matahari ini nantinya akan menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Terlebih pula PLTS ini merupakan pertama di Sumatera dan yang terhandal di Indonesia.

Baca:  Dodi-Giri Unggul di 11 Kabupaten/Kota

“Ini adalah langkah kecil menuju lompatan jauh kedepan. Kalau mau lihat PLTS yang terbesar di Sumatera datang saja ke Jakabaring,” kata orang nomor satu di Sumsel ini.

Alex juga mengajak orang-orang yang tertarik dengan tekhnologi solar cell power plant, untuk melihat langsung ke Jakabaring. Ia juga memastikan PLTS 2 MW tersebut memiliki manfaat yang luar biasa untuk masyarakat Provinsi Sumsel.

“Datang ke Jakabaring untuk melihat dan enak di tengah Palembang, kalau yang lain itu kan jauh di luar kota. Satu hal yang luar biasa, 172.000 liter BBM dihemat diganti dengan matahari yang gratis itu luar biasa,” tutur suami Eliza Alex ini.

Baca:  Usai Nyoblos, Dodi Kumpul Bersama Keluarga Sambil Tunggu Quick Qount

Sementara itu, Direktur Utama PDPDE Sumsel Arief Kadarsyah menambahkan, untuk membangun pembangkit tersebut PDPE ditunjuk oleh Pemprov Sumsel berkerjasama dengan Sharp Corporation Jepang, sebagai penyedia tekhnologi di bawah skema karbon kredit joint crediting maechanism (JCM).

“Pembangunan satu-satunya PLTS yang ada di Pulau Sumatera akhirnya kini sudah rampung atau selesai dibangun. Dan mulai beroperasi,” pungkasnya. #rio