Home / Palembang / Memasuki Masa Tenang, BAHU NasDem Buka Posko Pengaduan Politik Uang

Memasuki Masa Tenang, BAHU NasDem Buka Posko Pengaduan Politik Uang

BERI KETERANGAN-Tim BAHU NasDem DPD Palembang saat memberikan keterangan dibukanya posko pengaduan untuk Pilkada Kota Palembang, di DPD NasDem Palembang, Senin (25/6). IST

Palembang, BP — Menciptakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Palembang yang bersih dan bebas politik uang merupakan tanggungjawab semua pihak. Seperti halnya yang dilakukan oleh tim Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai NasDem Palembang dengan membuka posko pengaduan, Senin (25/6).

Ketua BAHU NasDem Riski Saputra mengatakan, Pilkada Palembang tinggal dua hari lagi pada atau berlangsung pada Rabu (27/6) nanti. Mengantisipasi adanya kecurangan, pihaknya membuka posko pengaduan masyarakat yang menemui kecurangan dan adanya pelanggaran politik uang.

“Jadi, untuk mengawasi Pemilihan Walikota Palembang tahun ink, kita membuka posko pengaduan masyarakat di Jalan Residen Abdul Rozak, tepatnya Simpang Patal Palembang,” ujar Riski.

Dikatakan dia, pihaknya menerima pengaduan mengenai kecurangan di Pilkada Palembang. Untuk itu, diinformasikan kepada seluruh masyarakat yang menemukan indikasi tersebut bisa langsung melaporkan ke posko pengaduan.

Selain itu, sambung dia, pengaduan tersebut juga dibuka di DPC Kecamatan Partai NasDem di Kota Palembang. Posko tersebut telah dibuka sejak H-2 pencoblosan hingga sampai penetapan, oleh KPU Kota Palembang. Namun, bagi masyarakat yang hendak melaporkan pengaduan harus dilengkapi dengan bukti kuat serta adanya seseorang mau bersaksi.

“Laporan ke kita sudah banyak, namun belum kita proses apabila tak ada bukti. Kita memiliki 36 badan hukum, dan komitmen mewujudkan Pilkada bersih jujur dan martabat. Lapor kepada kami hal diduga pelanggaran di masa tenang,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Partai NasDem Palembang Renny Hendriaty menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat tidak golput dan menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018. Pasalnya, satu suara berpotensi untuk membantu pembangunan di Kota Palembang.

“Pilkada ini harus benar-benar kita kawal dan jangan ada lagi kecurangan seperti Pilkada sebelumnya. Jangan takut untuk melapor, Partai NasDem siap mengawal langsung,” pungkas Renny. #rio