Home / Headline / Spesialis Begal Tabrak Kapolsek

Spesialis Begal Tabrak Kapolsek

Aparat Polsek Kertapati, Palembang menggelar razia di Jalan KI Marogan. IST

Palembang, BP–Diduga terkejut melihat barisan petugas yang menggelar razia, pengendara motor nekat menabrak Kapolsek Kertapati Palembang AKP I Putu Suryawan.

 Berdasarkan hasil pemeriksaan jajaran Polsek Kertapati Palembang, tersangka berinisial RK (17) diduga merupakan spesialis begal yang kerap beraksi di kawasan Kabupaten Ogan Ilir.

“Untuk RK sudah jadi tersangka, tapi maaf fotonya tidak bisa diekspos karena masih di bawah umur. Sedangkan rekannya AG (28) masih dilakukan pengejaran,” ujar AKP Putu, Senin (4/6).

Kapolsek menjelaskan, RK ditetapkan sebagai tersangka atas kasus kepemilikan senjata tajam dan narkoba dan dari hasil pemeriksaan, tersangka nekat menabraknya karena takut sepeda motornya tidak memiliki plat dan surat-menyurat, membawa sajam, dan satu paket kecil shabu.

Hanya saja, dirinya tidak mengetahui orang yang ditabrak adalah komandan kepolisian di wilayah itu. “Katanya takut, kaget ada razia. Katanya bawa sajam itu buat jaga-jaga sehabis nonton bola,” ujarnya.

Dari pengakuan kepada penyidik, tersangka menjadi spesialis begal motor di Kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir. Setiap beraksi, tersangka membegal bersama AG dengan membawa pedang dan pisau.

“Walau masih berstatus pelajar tingkat SMA, namun pelaku sudah sering melakukan aksi kejahatan, ada sekitar lima sampai enam kasus di wilayah Pemulutan, bukan di Palembang,” jelasnya.

Dari data diperoleh, razia tersebut digelar di Jalan KI Marogan, Kecamatan Kertapati, Palembang, Minggu (3/6) malam. Saat itu pelaku mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion tanpa plat nomor polisi melaju dari arah Terminal Karya Jaya.

Saat akan dicegat, pelaku langsung menabrak AKP Putu hingga terpental dan tertimpa plang besi yang dipasang saat razia. Melihat kejadian itu, anak buah korban langsung mengejar kedua pelaku.

Bahkan saat terjadi aksi kejar-kejaran, petugas sempat melepaskan tembakan peringatan dan akhirnya RK ditangkap setelah terjatuh dari motor, sedangkan temannya berinisial AG berhasil kabur.

Selanjutnya tersangka bersama barang bukti sebilah pedang dan bubuk putih yang diduga narkoba jenis shabu serta satu unit sepeda motor langsung diamankan petugas. #idz