Home / Headline / Kemajuan Sumsel Mengulang Kejayaan Sriwijaya

Kemajuan Sumsel Mengulang Kejayaan Sriwijaya

BP/DUDY OSKANDAR
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Palembang, BP

Menteri Dalam Negeri Tjahjo memastikan , kemajuan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengulang kejayaan masa kerajaan Sriwijaya dalam 72 tahun berdirinya Sumsel.
“Dulu kerajaan Sriwijaya terkenal dengan kejayaannya yang berkuasa tidak hanya di Indonesia, tapi juga di wilayah lain yang sekarang menjadi negara tetangga, dan kejayaan itu sudah diwujudkan provinsi sumsel dalam 72 tahun terakhir,” katanya saat memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna DPRD Sumsel dengan agenda Hari Jadi Provinsi ke 72 di kantor DPRD Sumsel, Rabu (23/5).
Menurutnya capaian provinsi tersebut sudah sangat baik dan menjadikannya menonjol dari provinsi lain di Indonesia hampir dalam segala bidang apalagi 134 penghargaan nasional dan internasional telah didapatkan pemda dalam lima tahun terakhir.
Seperti pempek yang menjadi nomer satu kuliner terbesar di Indonesia dengan menunjukkan angka 6 ton pengiriman ke luar Kota Palembang setiap hari, disusul bakpia dari Yogyakarta dan makanan dari Medan.
Selain itu, menurutnya , kemandirian otonomi daerah sudah berhasil dilaksanakan provinsi sumsel di bawah kepemimpinan gubernur Alex Noerdin dan ia berharap gubernur selanjutnya punya komitmen serta imajinasi yang lebih hebat dalam membangun daerah.

“Dulu saya ke Palembang menginap di hotel bintang tiga saja rasanya luar biasa, apalagi sekarang hotel bintang lima sudah berdiri, artinya Kota Palembang ataupun Sumatera Selatan pergerakannya signifikan, belum lagi rumah sakitnya yang lengkap, apalagi Jakabaring dengan fasilitas olahraganya,” katanya.
Dan semua capaian tersebut sejalan dengan nawacita presiden Joko Widodo dalam mengejar ketertinggalan pembangunan ekonomi yang kian hari semakin keras persaingannya.
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk mampu mengembalikan kejayaan Kemaharajaan KerajaanSriwijaya.
” Dijelaskan Gubernur kalau wilayah kemaharajaan Sriwijaya hingga Madagaskar lebih luar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.
Malahan sejak Zaman kemaharajaan Sriwijaya Sumsel sudah maju dan sekarang apa yang harus dilakukan kedepan dan sudah banyak prestasi yang diraih Sumsel.
Dan menurutnya Peringatan HUT Sumsel ke 72 tahun merupakan kesempatan terakhir dirinya sebagai Gubernur Sumsel untuk menyampaikan sambutan di acara ini.
Menurutnya masa jabatannya berakhir tahun 2018 seiring berakhirnya RPJMD Sumsel tahun 2013-2018 yang mempunya visi Sumsel sejahtera, lebih maju dan berdaya sdaing internasional.
“Alhamdulilah syukur Allah SWT dan dengan kerja keras kita seluruh warga masyarakat Sumsel di 17 kabupaten dan kota , visi tersebut sudah terwujud pada saat Sumsel berumur 72 tahun,” katanya.
Sumsel sejahtera dapat dilihat dari berbagai pencapaian.
Lanjut Alex, tahun 2018 menjadi tahun terberat yang harus dilalui Provinsi Sumsel selain karena adanya Pilkada serentak juga karena adanya event Internasional Asian Games XVIII yang menjadi taruhan bagi Sumsel dalam membawa nama baik bangsa Indonesia dimata dunia.

“Tiga hal penting yang menjadikan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games, Pertama karena Sumsel kondusif, dikenal zero konflik, kedua berpengalaman menyelenggarakan event internasional dan ketiga Sumsel memiliki infrastruktur dan fasilitas olahraga berstandar internasional. Tiga hal ini sangat penting dan harus selalu kita jaga bersama,” kata Alex.#osk