Home / Headline / Polda Sumsel Limpahkan Abu Tours ke Polda Sulsel

Polda Sumsel Limpahkan Abu Tours ke Polda Sulsel

 

Palembang, BP–Polda Sumsel melimpahkan seluruh proses hukum dalam pemeriksaan perkara dugaan tindak pidana penipuan serta penggelapan yang dilakukan para pimpinan Abu Tours & Travel ke Polda Sulsel.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel Kombes Pol Budi Suryanto mengatakan, pelimpahan perkara tersebut berdasarkan telegram dari Bareskrim Polri untuk memusatkan seluruh penyidikan di Polda Sulawesi Selatan.

“Pusat Abu Tour ada di sana (Makassar-red) makanya dilimpahkan ke Polda Sulsel. Mabes Polri juga ikut dalam penyidikan, sebab kasus ini berskala nasional,” ujar Budi, Rabu (4/4).

Berdasarkan hasil penyidikan Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Sumsel selama sepekan di Polda Sulsel, seluruh saksi sudah diperiksa, termasuk Abu Hamzah dan Ridwan yang merupakan mantan Kacab Abu Tours Palembang serta Yuli, Kabag Keuangan Abu Tours Palembang sekaligus merupakan istri Ridwan.

Menurut Kasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Suwandi Prihantoro, pelaporan agen yang baru masuk pekan lalu juga sama-sama dilimpahkan ke Polda Sulsel.

“Agen seluruh Indonesia itu banyak, karena pada dasarnya semuanya adalah korban dan karena sudah dilimpahkan, laporan agen pun dilimpahkan,” ujarnya.

Sebelumnya dalam kasus ini ada sekitar 62 perwakilan yang tergabung dalam Aliansi Mitra dan Agen Abu Tours & Travel Cabang Palembang mendatangi Polda Sumsel untuk melaporkan mantan Kepala Cabang Palembang, Ridwan.

Serta ada ratusan calon jamaah umrah yang gagal berangkat dari sekitar 8.325 jemaah yang terdaftar telah membuat laporan di Mapolda Sumsel.

Serta dalam kasus ini ada sekitar Rp109 miliar dana milik calon jamaah yang masih belum diketahui jejaknya. Selain itu setelah Polda Sumsel menangkap pemilik Abu Tours & Travel, Muhammad Hamzah Mamba alias Abu Hamza, penyidik Polda Sumsel sempat mendatangi Makassar untuk melakukan pemeriksaan. O idz

 

 

x

Jangan Lewatkan

Hindari Jalan Berlubang, Pemotor Wanita Tewas Diseruduk Xenia

Palembang, BP Nasib tragis dialami oleh seorang wanita bernama Sarawati (27). Warga Palembang, ini tewas usai sepeda motornya adu banteng ...