Memburu Medali Asia di Negeri Indonesia

10

(Agus Tinambela bersama Presiden RI Joko Widodo)

Kiprah prestasinya belakangan ini terus melejit. Tak hanya dibanggakan Sumsel, pun secara nasional hingga Internasional. Namanya semakin ditakuti para sprinter Internasional, apalagi ketika memborong tiga medali sekaligus pada multievent ASEAN Para Games di Negeri Jiran Malaysia tahun lalu.

Agus Tinambela, begitu nama lengkapnya. Putra daerah asli Sumatera Selatan ini bakal memperkuat Merah Putih pada laga bergengsi multievent Asian Para Games pada 6-13 Oktober 2018 mendatang di ibukota Jakarta.

Tahun lalu ia disambut Presiden RI Joko Widodo bersama rekan timnas Merah Putih karena telah mengibarkan bendera Indonesia di Asia Tenggara. Pun juga di Sumsel diapresiasi oleh sang bapak olahraga Alex Noerdin yang merupakan Gubernur Sumsel di Istana Griya Agung.

Dibalik namanya yang melesat, pelari yang akrab dipanggil Agus ini tak kemudian jumawa. Pesta olahraga sekelas Asian Games yang tinggal hitungan bulan ini merupakan tantangan berat.

Baca:  Prestasi Melejit, Sekretariat Semakin Sulit

Tak heran, porsi latihan dibawah asuhan Coach Maluyo dan Coach Emanuel di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Stadion Sriwedari Kota Solo begitu keras. Malahan ketika di Palembang, ia sempat berlari dari Kenten hingga ke menuju ke Jakabaring Sport City (JSC).

“Latihan lebih meningkat lagi dari tahun 2017 soalnya yang kita hadapi ini kejuaran Asian bukan di ASEAN jadi latihan harus lebih ektra,”tuturnya saat dibincangi BeritaPagi, Kamis (15/3).

Sprinter andalan Indonesia mengakui do level Asian ini dirinya tak muluk-muluk membidik kepingan emas. Kendati demikian, ia berusaha untuk membawa nama Indonesia berkibar di multievent atlet difabel terbesar se Asia ini.

Baca:  Wow, Sumsel Sumbang Emas Pertama di Asian Para Games

Minimal ia bakal merebut medali perunggu dari tiga nomor yang diproyeksikan. Ketiga nomor tersebut adalah 800m,1500m dan 5000m untuk
Kelas T12.

“Mudah-mudahan bisa naik podium, dan bisa tembus catatan waktu. Kerja keras memang, kita tahu ada sprinter Jepang luar biasa track recordnya,”terang putri pertama dari lima bersaudara pasangan
Daniel (alm) dan Rumiyati ini.

(Agus Tinambela bersama Gubernur Sumsel H Alex Noerdin)

Namun dibalik kesuksesannya hingga kini, ternyata sprinter andalan Sumsel ini memiliki cerita tersendiri. Bahkan ia sebelumnya pernah menjadi atlet atlerik umum. Namun karena ada gangguan dibagian matanya ia kemudian masuk ke badan olahraga National Paralympic Committee (NPC) Sumsel.

Namanya pun kian melajit dari level nasional hingga Internasional dan saat ini diangkat menjadi Calon PNS oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. “Dulu cita-citanya sempat mau jadi TNI,”tuturnya sambil tersenyum

Baca:  Catur Sumsel Borong Tiga Emas di Asian Para Games

Namun demikian, apapun perjalanan hidup yang ia tempuh Agus Tinambela tetap memberikan potensi secara totalitas. Apalagi, sosok ibu dengan dorongan moril ada dibalik kesuksesannya saat ini.

Sementara itu dikatakan Ketua Umum NPC Sumsel Ryan Yohwari bahwa potensi Agus Tinambela di Asian Para Games cukup menjadi harapan. Tiga medali dari APG di Malaysia 2017 lalu setidaknya menjadi modal untuk mampu naik podium.

“Agus masuk Pelatnas sejak 2017 dan atlet difabel Sumsel lain. Kami berharap tetep fokus latihan di Pelatnas agar bisa memberikan yang terbaik saat Asian Para Games nanti,”pungkasnya. Osugiarto