Home / Headline / Polda Sumsel Segera Geledah Kantor Abu Tours

Polda Sumsel Segera Geledah Kantor Abu Tours

Palembang, BP–Setelah surat izin penggeledahan Kantor Abu Tours & Travel Palembang yang diajukan Polda Sumsel disetujui Pengadilan Negeri Palembang, penggeledahan akan digelar pada 27 Februari mendatang.

Seiring dengan penggeledahan, Kasubdit I/Kamneg Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Suwandi Prihantoro mengungkapkan, pihaknya juga akan memeriksa empat pegawai Abu Tours Cabang Palembang di hari yang sama.

“Surat pemanggilan sudah dilayangkan, para saksi yang berstatus karyawan Abu Tours Palembang sudah mengonfirmasi akan hadir. Kalau tidak hadir, akan kami cari selama masih ada di atas bumi,” tegas Suwandi, Jumat (23/2).

Pihaknya juga sudah memanggil beberapa korban, yang melaporkan agen yang diduga turut berkomplot dalam menipu dan menggelapkan uang para calon jemaah umrah untuk diperiksa.

Hingga saat ini, total kerugian yang dialami lebih dari 450 orang korban mencapai Rp5 miliar lebih. Pihaknya masih membuka posko pengaduan korban Abu Tours hingga waktu yang tidak ditentukan untuk melayani seluruh korban yang belum melapor.

“Korban yang belum mengadu, silakan melapor. Warga di luar Palembang tidak perlu datang langsung ke Mapolda Sumsel, namun cukup melapor ke Mapolres setempat. Di sana pun akan dilayani laporannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Polda Sumsel telah memeriksa pihak Kanwil Kemenag Sumsel serta Kemenag Palembang untuk mengetahui regulasi regulasi yang diatur Kemenag terkait operasional travel umrah dan haji yang ada di Palembang, khususnya kepada Abu Tours. Serta persyaratan pengajuan perizinannya.

Hingga saat ini, Polda Sumsel belum menetapkan satu pun tersangka terkait kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang ribuan calon jemaah Abu Tours Cabang Palembang.

“Penetapan tersangka akan dilakukan seiring dengan waktu. Dalam waktu dekat ini, seiring proses penyidikan, akan ada penetapan tersangka,” ujar Suwandi. #idz

 

x

Jangan Lewatkan

Ketua MPR Ajak Mahasiswa KOSGORO Terapkan Semangat Solidaritas

Jakarta, BP–Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, hasil survey Lembaga Riset CESPELS (Center for Social, Political, Economic and Law ...