Kemudi Kapal Era Kerajaan Sriwijaya-Kesultanan Palembang Darussalam Ditemukan Oleh Pawang Sungai Musi

75

Sebuah kemudi kapal diduga zaman era Kerajaan Sriwijaya –Kesultanan Palembang ditemukan di tegah Sungai Musi tepatnya di kawasan Keramasan, Palembang. (BP/DUDY OSKANDAR)

Palembang, BP–Sebuah kemudi kapal dari kayu diduga zaman era Kerajaan Sriwijaya –Kesultanan Palembang ditemukan di tegah Sungai Musi tepatnya di kawasan Keramasan, Palembang, oleh Senen yang juga di kenal sebagai pawang Sungai Musi dan pencari gelondong kayu, bersama dua anaknya Jaffar dan Fit yang difasilitasi  komunitas Kompak, seminggu yang lalu.

Baca:  Kerajaan Sriwijaya Memerangi Kerajaan Kediri, Kesultanan Perlak dan Kerajaan Singasari

Kini kemudi kapal yang panjangnya 7,5 meter dan panjang lingkar 96 cm yang ditemukan di kedalam sungai Musi 35 meter kini diamankan di salah satu rumah warga di Kawasan Jakabaring Palembang, Jumat (23/2).

Atas penemuan kemudi kapal tersebut pihak Dinas Kebudayaan kota Palembang melalui Kabid Cagar budaya dan permuseuman Abdul Gani bersama Kasi Registrasi Cagar Budaya , H Rizal SH melihat langsung kondisi kemudi kapal tersebut.

Baca:  Kunjungi Museum SMB II, 10 Dubes Kagumi Palembang, Bekas Ibu Kota Kerajaan Sriwijaya

Selain itu pihak Balai Arkeologi (Balar) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pimpinan Aryandini Novita juga melihat kondisi kemudi kapal tersebut dan langsung melakukan pengukuran dan pengecekan kondisi kemudi kapal tersebut.

1
2