Home / Headline / Revitalisasi Irigasi, Sumsel Dapat Dana Hibah Rp83 Miliar

Revitalisasi Irigasi, Sumsel Dapat Dana Hibah Rp83 Miliar

Illustrasi (poskota)

Palembang, BP–Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pengendalian Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumsel tahun ini menerima dana hibah yang berasal dari bantuan luar negeri senilai Rp83 miliar. Dana tersebut untuk merevitalisasi saluran irigasi persawahan di Sumsel.

Kepala Dinas PSDA Provinsi Sumsel Darma Budhi mengatakan, alokasi dana hibah luar negeri untuk swasembada pertanian berasal dari tiga lembaga internasional. Ketiga lembaga itu adalah Asian Development Bank (ADB), International Fund for Agricultural Development (IFAD) dan International Accreditation Forum (IAF).

“Jumlah besaran hibah tersebut sekitar Rp83 miliar dan pencairannya dilakukan secara bertahap selama lima tahun,” kata Budhi, Kamis (22/2).

Dikatakan dia, pemberian dana hibah berdasarkan hasil perundingan lembaga luar negeri tersebut bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). Di mana, Provinsi Sumsel diminta untuk mengajukan kebutuhan.

“Peruntukan dana hibah sendiri untuk revitalisasi irigasi persawahan dan sesuai dengan program padat karya dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” jelasnya.

Ia melanjutkan, sejauh ini pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) lanjutan dari Ditjen SDA untuk sistem penerapan atau implementasi dari hibah itu sendiri.

“Jadi sifatnya tidak ada sistem tender dalam pekerjaannya. Kemudian harus memberdayakan petani setempat. Kemungkinan besar program ini akan jalan tahun ini juga,” ungkap dia.

Meski belum menentukan daerah persawahan mana yang akan menerapkan program dana hibah ini, namun berdasarkan penilaian, kemungkinan akan dilakukan di Kabupaten Musirawas, Lahat, dan Ogan Komering Ulu.

“Total areal irigasi di bawah wewenang Sumsel sendiri seluas 49 ribu hektar, terdiri dari irigasi rawa dan permukaan,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya di tahun ini juga menganggarkan sebesar Rp232 miliar untuk program pengentasan banjir di seluruh kabupaten/kota di Sumsel. Seperti, normalisasi sungai, membangun kolam retensi, serta perawatan drainase dan irigasi. “Ada sebanyak 67 paket pengerjaan yang saat ini masih dalam proses lelang,” tutupnya. #rio

 

 

 

x

Jangan Lewatkan

Ketua MPR Minta Pemerintah Korea Selatan Berikan Perhatian Khusus Kepada WNI Penderita Corona

Jakarta, BP–Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui Wakil Ketua Parlemen Korea Selatan meminta pemerintah Korea Selatan memberikan perhatian khusus terhadap ...