Home / Headline / Fasilitas di Zona Lima LRT Palembang Terus Dikebut

Fasilitas di Zona Lima LRT Palembang Terus Dikebut

Foto: Infonawacita.com

Palembang, BP–Berbagai fasilitas kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) yang tengah dikerjakan di Zona V terus dikebut PT Waskita Karya selaku kontraktor transportasi sepur dipucuk yang biasa disebut Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin. Mengingat zona tersebut nantinya akan menjadi titik ujicoba.

Kepala Proyek LRT Sumsel Masudi Jauhari mengatakan, sarana dan prasarana LRT di Zona V tersebut terus dirampungkan atau dikebut. Mulai itu dari stasiun, tangga (lift) hingga kebutuhan listrik termasuk Depo. Dilakukannya ini mengingat train set LRT akan tiba pada akhir Maret mendatang.
“Karena kereta baru datang Maret nanti, sehingga ujicoba LRT akan dilakukan pada Maret 2018,” kata Masudi, Minggu (4/2).
Dikatakan Masudi, ditargetkan ujicoba di Maret mendatang asalkan train set tiba tepat waktu, setelah itu akan dilakukan berbagai persiapan selanjutnya untuk melakukan ujicoba. Dimana ujicoba sendiri akan dilakukan pada Stasiun OPI Mall Jakabaring hingga Stasion Polresta Palembang.
“Untuk lainnya, progres fisik pembangunan secara keseluruhan sudah mencapai 80 persen dan ditargetkan sebelum Asian Games 2018 akan selesai. Kami juga optimis pengerjaan ini akan rampung,” ungkap dia.
Sementara itu, Proyek Manager LRT dari PT Waskita Karya di Zona V Erwin Martoras menambahkan, saat ini stasiun zona lima telah hampir diselesaikan, pengerjaan pemasangan eskalator sudah terpasang dan hampir rampung.
“Pemasangan sejak Desember lalu, saat ini proses finishing pemasangan kaca samping,” tambah dia.
Selain itu, sambung dia, untuk naik ke lantai satu ini disediakan travelator. Sedangkan untuk menuju ke lantai dua, yakni peron, penumpang disediakan tiga pilihan akses menuju ke atas. Pertama tangga, travelator dan terakhir ada lift. Semua pengerjaan itu juga sedang berjalan dan diharapkan dapat selesai tepat waktu.
Ia juga menambahkan, untuk pengerjaan slab track atau rel LRT di zona lima saat ini sudah berjalan 95 persen. Hanya tersisa sedikit di kawasan Bundaran Jakabaring dan itu semua dipastikan akan selesai pada Maret mendatang.
“Apalagi di Maret nanti akan dilakukan ujicoba LRT. Ya, kami yakin semua berjalan sesuai jadwal,” tutup dia. #rio
x

Jangan Lewatkan

Bamsoet: Optimalisasi SDM Melalui Peningkatan Literasi Teknologi Menjadi Kunci Utama

Diskusi ‘Mengoptimalkan SDM di Tengah Pandemi Covid-19’ Jakarta, BP–Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyoroti tingginya angka pemutusan hubungan kerja (PHK) ...