Home / Headline / Dukungan Akhor Masih Banyak TMS

Dukungan Akhor Masih Banyak TMS

BP/IST
Pasangan Akhor

Palembang, BP
Bakal calon walikota dan wakil Wakil Walikota Palembang dari jalur perorangan, Akbar Alfaro-Hernoe (Akhor) saat ini posisinya masih rawan agar bisa ikut meramaikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Palembang.
Pasalanya, dari syarat minimal untuk maju jalur independen pasangan calon harus mengumpulkan bukti dukungan KTP minimal 74.361 atau 6,5 persen dari jumlah pemilih, ternyata pada verifikasi faktual oleh KPU Palembang dinyatakan dukungan memenuhi syarat hanya 26.711 dukungan. Sehingga harus menyerahkan kembali perbaikan dukungan untuk memenuhi.
Dalam perbaikan dukungan tersebut pasangan Akhor akhirnya menyerahkan kembali dukungan sebanyak 102.736 dukungan, dimana jumlah tersebut melebih target yang ditetapkan KPU Palembang yaitu 95.300.
Hingga verifikasi faktual ditingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan yang dilaksanakan dari 30 Januari hingga 5 Februari, sejumlah PPS masih menemukan dukungan yang tidak memsnuhi syarat (TMS).
“Kalau di tempat kami (PPS Kelurahan 20 Ilir D II), dari 450 dukungan yang diberikan, masih banyak dukungan tidak memenuhi syarat saat ini. Namum proses verifikasi belum selesai semuanya dan akan dilakukan pleno,” kata anggota PPS 20 Ilir D II Zulkarnain, Jumat (2/2).
Diterangkannya, dari data yang mereka terima dari KPU, data sebagian besar data lama yang sempat mereka lakukan verifikasi faktual juga sebelumnya.
“Kalau saya lihat, data yang lama itulah ditambah sebagian data yang belum digarap sebelumnya sekitar 20 persen. Dimana data yang lama sebagian fiktif atau ganda,” katanya.
Ketua PPS Talang Aman Budi Jendresmil mengaku, di ferivikasi dukungan perbaikan ini, pihaknya masih menemukan dukungan TMS. Tapi jumlahnya tidak sebanyak sebelumnya.
“Memang untuk verifikasi faktual sementara banyak memenuhi syarat, kalau di kelurahan Talang Aman sekitar 80 persenan memenuhi syarat, tapi inikan belum selesai baru sebagian dan nanti juga akan diplenokan dulu,” katanya.
Informasi yang beredar sendiri, jika dukungan perbaikan pasangan Akhor yang diserahkan ke KPU Palembang sekitar 102 ribuan, setelah dilakukan verifikasi administrasi yang memenuhi syarat sekitar 66 ribuan. Dari jumlah 66 ribuan dukungan itu akan dilakukan verifikasi faktual oleh PPS pada 30 Januari hingga 5 Februari, PPK 6-7 Februari dan 8-9 KPU Kota.
Jika dalam verifikasi faktual tersebut dukungan yang memenuhi syarat kurang dari 47.650 dukungan, dipastikan pasangan ini tidak memenuhi syarat dukungan yang telah ditetapkan KPU Palembang sebelumnya sebanyak 74.361.
Komisioner KPU Palembang divisi Teknis Firamom Sakti sendiri, ditanya soal hal itu belum bisa berkomentar, karena ada kegiatan lainnya.
“Nantinya, kita lagi verifikasi faktual partai,” katanya.

Sementara ketua KPU Sumsel Aspahani memastikan, bagi balom perorangan yang saat ini dalam proses perbaikan, jika dukungannya setelah diverifikasi ternyata tidak memenuhi jumlah ditetapkan bisa dikatakan gugur.
“Jadi ditahap kedua verifikasi dukungan jika hasilnya masih kurang tidak ada perbaikan lagi. Makanya dimasa perbaikan kemarin, mereka diminta melebihkan jumlah dukungannya,” kata Aspahani.#osk

x

Jangan Lewatkan

Museum Sumatera Selatan Balaputra Dewa Dapat Hibah Dua Benda Bersejarah

Palembang, BP Museum Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Palembang mendapatkan hibah dua benda bersejarah yaitu Centong untuk acara adat dan ...