Home / Headline / Pelabuhan Seluas 2 Hektare Mulai Digarap, Dukung Operasional KEK

Pelabuhan Seluas 2 Hektare Mulai Digarap, Dukung Operasional KEK

Pengembangan Pelabuhan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api Api. sumeks.co.id

Palembang, BP–Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya agar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dapat beroperasi secepat mungkin. Bahkan, Pemprov Sumsel melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel mulai menggarap pelabuhan pendukung yang akan dibangun dilahan seluas dua hektare.

“Ini baru tahap pertama seluas dua hektare dahulu,” ungkap Sekretaris Dishub Provinsi Sumsel Uzirman didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Lalu (Hubla) Dumyati, Selasa (30/1).
Masih dikatakan dia, saat ini pihaknya masih melakukan uji coba terhadap pelabuhan pendukung, untuk mengetahui kedalaman perairan tersebut. Uji coba yang dilakukan ini baru untuk kapal berukuran sekitar 50 meter.
“Kedepan tentu kapasitas kapal untuk uji coba ini akan meningkat karena ini baru tahap awal,” kata dia.
Ia juga menjelaskan, pelabuhan tersebut secara Detailed Enginering Desaign (DED) dibuat seluas lima hektar, namun baru akan dibangun secara minimal dua hektar dahulu. Dimana, pelabuhan ini dibangun hanya untuk mendukung sementara operasional KEK sembari menunggu pembangunan pelabuhan internasional untuk bongkar muat, yakni Pelabuhan Tanjung Carat.
Untuk kapasitas pelabuhan pendukung ini, lanjut dia, pihaknya belum ingin berkomentar karena nantinya akan disesuaikan dahulu dengan kondisi di pelabuhan tersebut. Serta akan dihitung dahulu oleh Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).
Ditambahkannya, pihaknya juga belum dapat memastikan kapan pelabuhan pendukung tersebut akan beroperasi. Namun, tentunya akan beroperasi secara bertahap.
“Kami belum dapat memaparkan secara teknis, karena ini baru tahap awal,” pungkas Uzirman. #rio
x

Jangan Lewatkan

 Debat Pasangan Calon Cabup dan Cawabup OKU Timur,   Terkait Penanganan Covid-19 Dinilai Kurang Hangat

Palembang, BP Debat kandidat  pasangan calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati  (Cawabup) OKU Timur di gelar di Hotel Excelton, ...