Home / Headline / Jembatan Endikat Segera Diperbaiki

Jembatan Endikat Segera Diperbaiki

BP/IST
Nopran Marjani

Palembang, BP
Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Nopran Marjani mengatakan, pembangunan jembatan Endikat yang rusak harus segera dilakukan oleh pemerintah pusat guna melancarkan jalur transportasi.
“Dari pemerintah Lahat dan Pagaralam telah mengajukan usulan ke pusat untuk segera dilakukan perbaikan jembatan Endikat, kita menunggu anggaran, sudah ada langkah pemerintah pusat, mereka memperbaiki lantai yang menggunakan papan tebal tersebut,” katanya, Selasa (30/1).
Karena menurutnya, jembatan tersebut adalah jembatan negara yang harus diperbaiki oleh negara.
“Kemarin kayu lantai jembatan itu rapuh, karena itu amblas, dan jambatan itu sudah 30 tahun dan layak untuk diperbaiki,” katanya.
Sebelumnya Walikota Ida Fitriati mengatakan, kerusakan Jembatan Endikat ini ternyata sudah dua kali dilaporkan Pemkot Pagaralam ke Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V selaku pihak yang bertanggungjawab atas perbaikan jembatan tersebut.
Namun laporan tersebut belum juga ada tanggapan. Namun setelah ada pemberitaan dan kerusakannya cukup parah, baru ada tanggapan.
“Kami sudah 2 kali melayangkan surat kepada Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V yang isinya mendesak agar jembatan Endikat segera diperbaiki. Mengingat jembatan itu adalah jalur utama masuk dan keluar Kota Pagaralam. Kami mohon untuk segera diperbaiki,” kata Walikota Ida Fitriati.
Ida membantah, adanya anggapan bahwa Pemkot Pagaralam tidak merespon keluhan warga sehingga kerusakan Jembatan Endikat tersebut belum juga diperbaiki sampai sekarang.

“Saya terus monitor dan ikuti perkembangan Jembatan Endikat ini. Selain surat resmi ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V, secara informal saya juga menghubungi pejabat-pejabat penting di Sumsel dan nasional untuk mendorong percepatan perbaikan Jembatan Endikat tersebut. Saya tidak tinggal diam, justru sayalah yang ingin paling cepat agar jembatan Endikat itu diperbaiki, karena masyarakat Pagaralam yang paling besar kena dampaknya,” katanya.

Ida mengatakan, dirinya memahami bahwa pemerintah pusat, dalam hal ini Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V harus mengikuti mekanisme penggunaan APBN yang membutuhkan waktu sebelum dilaksanakannya perbaikan Jembatan Endikat tersebut.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan informasi bahwa 26 Desember 2017 ini sudah dilakukan tender oleh pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V dan sekitar Februari 2018 sudah pelaksanaa perbaikan sudah dimulai. Saya mohon masyarakat sedikit bersabar. Insya Allah semuanya akan berjalan lancar,” harap Ida. #osk

x

Jangan Lewatkan

Debat Publik Kedua Bupati Muratara , Kandidat Tawarkan  Kesejahteraan Rakyat

Palembang, BP Debat publik kedua pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) digelar Senin (23/11). Pemilihan kepala daerah ...