Home / Palembang / Hidupkan Empat Dermaga Mati Suri

Hidupkan Empat Dermaga Mati Suri

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Kurniawan.

Palembang, BP — Mewujudkan moda transportasi air terintegrasi masih menjadi angan-angan Pemerintah Kota Palembang. Mewujudkan hal tersebut, segera dihidupkan lagi empat dermaga dengan menempatkan Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Kurniawan mengatakan, saat ini permintaan bantuan bus air sudah direspon dan diterima oleh Kementerian Perhubungan RI. Lima bus air itu akan terintegrasi dengan Trans Musi, sehingga memudahkan masyarakat dari Ulu yang ingin ke Ilir, tinggal menggunakan bus air. Begitupun sebaliknya.

“Karena walaupun telah disetujui prosesnya cukup panjang, diperkirakan Mei atau Juni, tapi dipastikan sebelum Asian Games bus air dengan kapasitas 20 orang ini akan datang. Diharapkan bus air ini dapat mengurangi kemacetan di Jembatan Ampera,” ujarnya.

Kurniawan mengatakan, meski kini dermaga di pinggiran Sungai Musi telah ada sejak beberapa tahun lamanya, namun fungsinya tidak efektif bahkan tidak dipergunakan. “Malah sekarang dijadikan orang tempat mancing dan sebagainya. Maka kita ingin optimalkan fungsi dermaga ini dengan diterimanya bantuan bus air itu,” katanya.

Maka, Dinas Perhubungan akan menempatkan UPTD di Dermaga Kertapati, Pulau Kemaro, 7 Ulu dan Pulo Kerto. Menurutnya, dermaga tersebut mesti diperbaiki meski secara umum kondisinya masih terbilang bagus. “Dengan ditempatkannya satu kepala UPTD maka dermaga akan lebih terawat dan tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, semakin majunya transportasi di Palembang saat ini sudah diperlukan moda transportasi yang terintegritas. Berupaya melakukan inovasi guna mendapatkan mode transportasi terbaik untuk mendukung Asian Games, salah satunya transportasi air yang memanfaatkan keberadaan Sungai Musi.

“Palembng mengupayakan penambahan bus air untuk menunjang moda transfortasi air. Kita sudah ajukan kepada Kemenhub dan mendapat respon baik. Saat ini kita baru memiliki beberapa bus air di Kota Palembang yang dikelola oleh instansi terkait,” katanya.

Menurutnya, jika moda transportasi ini diminati, maka bakal mengurai kemacetan. Saat ini Palembang ada empat halte terintegrasi yang menyambung dari darat ke laut dan sebliknya. “Kedepan halte terintegrasi ini akan kita perbanyak. Sehingga saat masyarakat naik melalui moda transfortasi air dan singgah ke dermaga yang langsung terintegrasi ke halte bus Trans Musi,” jelasnya. #pit

x

Jangan Lewatkan

Giliran RS Muhammadiyah Terima Bantuan Alat Rapid Test

Palembang, BP–Dalam upaya membantu meminimalisir penyebaran COVID-19 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), wakil ketua Komisi VII DPR RI H Alex ...