Home / Headline / Siap Bantu Lengkapi Verifikasi Faktual Hanura Sumsel

Siap Bantu Lengkapi Verifikasi Faktual Hanura Sumsel


BP/DUDY OSKANDAR
KPU Sumsel saat melakukan verifikasi faktual, Senin (29/1).

Palembang, BP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) pimpinan anggota KPU Sumsel Alexander Abdullah mendatangi kantor sekretariat DPD Hanura Sumsel kubu Oesman Sapta Odang (OSO) di jalan Yudo blok H 14, Ilir Barat 1 Palembang, yang baru saja diresmikan pengurus Hanura dibawah komando Hendri Zainuddin.
Kedatangan komisioner KPU ternyata guna melakukan verifikasi faktual DPD Partai Hanura Sumsel menjelang pemilihan legislatif 2019 mendatang.
Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Sumsel H Mularis Djahri mengaku, tidak mempermasalahkan proses verifikasi faktual yang dilakukan oleh pihak KPU Sumsel terhadap DPD Partai Hanura Sumsel versi OSO.
“Bahkan kalau memang masih ada yang perlu dilengkapi akan kita bantu lengkapi,” katanya, Senin (29/1).
Sedangkan terkait kisruh atau persoalan intern yang ada di partai Hanura sendiri menurut Mularis, sedang diselesaikan oleh pengurus DPP Partai Hanura.
“Kalau yang dibekukan itu dari kubu Daryatmo kita akan ikuti dan legowo. Begitupun sebaliknya. Kalau kubu OSO yang dibekukan maka harus juga dilaksanakan,” katanya.
Sedangkan Komisioner KPU Sumsel, Alexander Abdullah mengatakan, verifikasi faktual partai dilakukan dengan melakukan pencocokan nama Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB) dalam Model F1-Parpol dengan SK DPP.
“KSB wajib hadir dan membawa KTA dan KTP saat verfak,” katanya.
Selain verifikasi faktual juga meliputi proporsi 30% pengurus perempuan dengan mencocokkan nama-nama pengurus perempuan dalam Model F3-Parpol dengan SK DPP. Jika pengurus perempuan berhalangan hadir, pencocokan nama dilakukan dengan foto copy KTA dan E-KTP yang bersangkutan.
Selanjutnya, tim verifikasi faktual akan mencocokkan domisili dengan surat keterangan domisili dari Lurah/Camat dan kebenaran Surat Penyataan DPD bahwa Kantor digunakan sampai akhir tahapan pemilu.
Sebelumnya, Komisioner KPU Sumsel lainnya, Ahmad Naafi mengatakan, usai verifikasi faktual kepengurusan DPD, KPU Sumsel akan menyampaikan hasil verifikasi kepada 12 partai politik pada 31 Januari 2018.
Selanjutnya dilanjutkan dengan agenda perbaikan hasil verifikasi oleh parpol tanggal 1-2 Februari 2018. KPU Sumsel akan melakukan pula verifikasi terhadap hasil perbaikan pada 3 Februari 2018.Verifikasi hasil perbaikan ini akan dituangkan dalam Berita Acara hasil verifikasi oleh KPU Propinsi tanggal 4-5 Feb 2018 mendatang.
“Waktu verifikasi memang lebih singkat dibanding verfak sebelumnya dan akan berlanjut di verfak DPC oleh KPU Kabupaten/kota 30 Januari hingga 1 Februari 2018,” kata Naafi.
Sementara itu Ketua DPD Hanura Sumsel, Hendri Zainuddin optimis partainya lolos verifikasi faktual KPU. Pihaknya sendiri telah menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk menghadapi verifikasi KPU, termasuk sekretariat baru yang baru diresmikan hari ini.
Ditambahkan Hendri, paska dirinya, jadi ketua DPD Hanura Sumsel hasil Musdalub di Jakarta, ia langsung tancap gas. Tiga agenda besar politik telah disiapkan DPD Hanura Sumsel untuk menghadapi pilkada dan pemilu 2019 mendatang.
Hendri mengatakan, tiga agenda yang menjadi fokusnya saat ini yaitu, pada pemilihan gubernur Sumsel 2018, partainya menyatakan siap memenangkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumsel Herman Deru-Mawardi Yahya.
Agenda keduanya, yakni pada pemilihan legislatif 2019 Hanura dibawah kepemimpinannya bertekad untuk mendongkrak perolehan kursi di DPRD Kabupaten/Kota di Sumsel yang semula hanya 44 kursi, kini ditarget menjadi 60 kursi. Sementara untuk kursi DPRD Sumsel menjadi 7 kursi dari semula 5 kursi.
“Yang ketiga pada pemilihan presiden untuk memenangkan Jokowi, itu harga mati. Jadi itulah tiga agenda yang jadi fokus kami,” kata Hendri Zainddin usai peresmian kantor DPD Hanura Sumsel di Jalan Yudho, Blok H14 Kampus, Palembang, Senin (29/1).
Hendri berkeyakinan tiga agenda besarnya dapat terwujud dengan kekuatan yang dimiliki kader Hanura di Sumsel saat ini.
Diakuinya, beberapa pekan belakangan ini, partainya dirundung kemelut kepengurusan. Namun hal itu tuturnya telah berlalu dan semua persoalan yang sempat dihadapi telah selesai dengan ditunjuk dirinya oleh DPP untuk menjabat Ketua DPD Hanura Sumsel.
“Kita ulas balik 2 minggu ini secara maraton untuk partai Hanura ada gelombang sedikit, tapi itu sudah selesai. Dan kita sudah punya sekretariat baru yang insyaallah siap diverifikasi faktual KPU,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Truk Muatan Serbuk Soda Terbalik Nyaris Timpa Rumah Warga

Palembang, BP Sebuah truk tronton dengan nomor polisi B 9288 KYT bermuatan puluhan ton serbuk soda terbalik dipinggir Jalan Mayjen ...