Home / Headline / Sumsel Potensial Pengembangan Kerbau Sawah

Sumsel Potensial Pengembangan Kerbau Sawah

BP/IST
H Budiarto Marsul

Palembang, BP

Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) H Budiarto Marsul mengatakan, kalau Sumsel memiliki plasma nutfa terutama untuk pengembangbiakan kerbau rawa yang ada di Sumsel terutama bukan hanya dagingnya dimanfaatkan masyarakat juga susu kerbau rawa sangat potensial di kembangkan.
“Kami dari komisi II kemarin meninjau kerbau sawah di rambutan, OKI , karena kemarin dapat bantuan APBN yang dibangunkan untuk laboratorium dan lainnya untuk kerbau rawa, sekarang sedang dibangun gedung dan prosesnya sedang berjalan ,” “katanya.
Apalagi menurutnya, populasi kerbau rawa di Sumsel cukup besar, oleh karena itu pihaknya ingin mengembangkan kerbau sawah ini agar tidak punah bahkan bisa menjadi percontohan budidaya kerbau rawa di dunia.
“Karena, kemungkinan Italia akan melakukan pelatihan-pelatihan kerbau rawa ini,” katanya.
Selain diambil daging dan susu, politisi partai Gerindra menilai kerbau rawa bisa dilatih untuk mengolah rawa.
Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin beberapa tahun lalu ingin mengembangkan potensi kerbau rawa ini. Selain di Kabupaten OKI, Alex juga menginginkan pengembangan di Kabupaten Banyuasin. Sebab permintaan susu kerbau di pasar international sudah mulai meningkat.#osk

x

Jangan Lewatkan

KPK Selenggarakan Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi Secara Daring

Jakarta, BP Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Pusat Edukasi Antikorupsi membuka pendaftaran Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi secara daring. Penyelenggaraan kegiatan dilakukan ...