Home / Headline / Dr AK Gani, Gubernur Sumsel Termuda

Dr AK Gani, Gubernur Sumsel Termuda


BP/IST
Rd Moh Ikhsan

Palembang, BP

Pengamat sejarah Sumatera Selatan (Sumsel) Rd Moh Ikhsan melihat, Dr AK Gani yang merupakan Gubernur Sumsel pertama yang berusia muda saat itu yaitu berumur 35 tahun tahun 1946 dimana Dr AK Gani lahir di tahun 1905.
“Memang pak AK Gani waktu itu menjabat Gubernur Sumsel termuda dan setelah itu Gubernur Sumsel didominasi kaum tua, dan kalau kita lihat pemimpin republik Indonesia , angkatan kelahiran mereka di tahun 1900, dan angkatan mereka pendidikan tinggi semua dan relatif muda mereka itu, dibawah 50 tahun, bung Karno jadi presiden umurnya 45 tahun, bung Hatta 45 juga , termasuk Dr AK Gani dan lain-lain,” katanya, Jumat (26/1).
Apalagi setelah AK Gani, yang menjadi Gubernur Sumsel banyak kaum tua dan lebih kearah senioritas dalam memimpin Sumsel.
”Siapa yang dulu di kemiliteran seperti Asnawi Mangku Alam, Sainan Sagiman, Ramli Hasan Basri, masing-masing dua periode semua , militer semua yang menjadi Gubernur Sumsel,” katanya.
Menurut Ikhsan, untuk Gubernur Sumsel yang berumur tua dilihat lebih arif dan bijaksana sedangkan jika Gubernur Sumsel yang berusia muda dinilainya lebih gesit, penuh inisiatif dan banyak ide segar.
“Dalam demokrasi kita tidak bisa menentukan apakah yang lebih baik Gubernur yang umurnya tua atau muda, yang pasti dalam memimpin harus memiliki kematangan politik, kematangan dalam figur,” katanya.
Seperti Dr AK Gani menurutnya termasuk, orang berpengaruh di Indonesia dalam usia yang muda.
“Orang mendapatkan kharisma itu pasti ada waktu ada prosesnya, tidak bisa kharisma seseorang tiba-tiba di umurnya 25 tahun , itu harus ada proses, mau tidak mau syarat usia dalam konstitusi itu ada pertimbangan kenapa dipilih usia tersebut,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Ketua MPR Ajak Mahasiswa KOSGORO Terapkan Semangat Solidaritas

Jakarta, BP–Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, hasil survey Lembaga Riset CESPELS (Center for Social, Political, Economic and Law ...